Thursday, November 6, 2008

THE X-FILES : I WANT TO BELIEVE

Film ini bercerita tentang penculikan seorang agen FBI. Lalu Agent Mosley Drummy (Xzibit) dan Agent Dakota Whitney (Amanda Peet) meminta bantuan Fox Mulder (David Duchovny) yang sudah keluar dari FBI untuk ikut membantu. Sedangkan Dana Scully (Gillian Anderson) pun sudah keluar dari FBI dan bekerja di sebuah rumah sakit.




Selain Mulder, FBI pun dibantu oleh seorang paranormal yang bernama Father Joseph (Billy Connolly) yang mendapat penglihatan dimana sang korban disekap. Selama dalam pencarian, kembali ada korban kedua yang diculik. Scully yang tidak percaya dengan hal mistis, tidak mempercayai Father Joseph. Dia pun sedang menghadapi masalah di rumah sakit. Ada seorang pasiennya yang sedang parah dan harus segera diatasi.



Apakah Mulder berhasil menemukan para korban penculikan? Apakah benar Father Joseph seorang paranormal? Bagaimana dengan Scully yang menghadapi pertentangan batin ketika diberitahu sesuatu oleh Father Joseph?

COMMENT
Film bioskop pertamanya muncul pada tahun 1998 dan bertajuk The X-Files : Fight the Future. Dan sukses meraup lebih dari US$ 100 juta. Kini setelah hampir 10 tahun baru muncul film keduanya. Jelas bukan sekuel karena ceritanya tidak nyambung dari yang pertama. Mungkin bagi penggemar serial televisinya akan menyambut dengan antusias film ini. Tapi sayangnya untuk yang bukan penggemar film ini mungkin akan kecewa. Karena film ini sangat standar sekali. Tidak ada hal-hal yang berbau konspirasi, misterius dan ending yang rumit. Semua hal berlangsung datar-datar saja.

Yang berada di balik kursi sutradara kali ini, adalah Chris Carter sang creator dari The X-Files. Well, mungkin terbiasa dengan serial televisi-nya, Chris Carter tidak membuat sesuatu yang baru pada film ini. Tidak ada lonjakan ketegangan yang berarti, malahan bisa dibilang datar-datar saja. Mungkin Chris Carter hanya ingin bernostalgia dengan film ini.
Pemeran utamanya tetap dipegang oleh David Duchovny dan Gillian Anderson. Disinilah hubungan antara Mulder dan Scully diperlihatkan lebih jauh. Di film ini mereka diperlihatkan sedang menjalin suatu hubungan asmara. Sedangkan karakter dari serial televisi-nya yang muncul adalah Walter Skinner (Mitch Pillegi), itupun hanya di akhir film.

Akhir kata, menurut saya lebih baik film ini tidak main di bioskop tapi harusnya dibagi dua episode dan diputar di televisi saja. Karena untuk ukuran film bioskop, film ini tidak ada apa-apanya. Tapi untuk ukuran televisi, film ini masih bisa dibilang lumayan. Bila anda memang penggemar fanatik The X-Files, maka anda harus menonton film ini karena ada kelanjutan hubungan antara Mulder dan Scully. Tapi bagi yang bukan penggemar, lebih baik anda menonton film lain saja. No star for this movie. Sorry.

No comments: