Wednesday, November 26, 2008

MAMMA MIA



Menjelang pernikahannya, Sophie Sheridan (Amanda Seyfried) yang tidak mengetahui siapa ayahnya, diam-diam mengundang tiga orang pria berdasarkan buku harian ibunya, Donna Sheridan (Meryl Streep). Mereka adalah Sam Carmichael (Pierce Brosnan), Harry Bright (Colin Firth) dan Bill Anderson (Stellan Skarsgard).
Namun Donna akhirnya mengetahui kedatangan ketiga pria dari masa lalunya itu. Hal ini membuatnya sedikit terguncang. Karena dia pun sebenarnya tidak tahu siapa ayah Sophie.

COMMENT
Film musikal yang bersetingkan di Yunani ini mengusung lagu-lagu lama dari kelompok ABBA. Yang hebatnya alur cerita disesuaikan dengan lirik-lirik lagu mereka. Tidak dipaksakan. Luar biasa. Ditambah endingnya yang agak sedikit unpredictable.

Penampilan yang luar biasa dari Meryl Streep. Bukan hanya dia bernyanyi tapi mimik dan gerakannya sesuai dengan lagu yang dinyanyikan. Dari Mamma Mia, dimana Meryl bertingkah seperti gadis remaja yang sedang jatuh cinta. Lalu bersedih ketika lagu Chiquitta dan menjadi seorang Dancing Queen diiringi oleh seluruh wanita di desa itu dan ketika dia mencurahkan seluruh perasaannya selama ini kepada Pierce Brosnan dalam lagu Winner Takes it All. Sedangkan diantara ketiga pemeran pria generasi tua, yang paling dominan bernyanyi adalah Pierce Brosnan. Walaupun suaranya agak nge’bas’ dan agak sedikit ‘maksa’ di nada tinggi tapi terbantu oleh gaya bernyanyinya yang cool.

Well, adegan favorit saya adalah ketika sohibnya Donna yang dimainkan oleh Julie Walters dan Christine Baranski bernyanyi Dancing Queen di awal lagu dan Meryl Streep loncat-loncat di ranjang lalu pergi ke arah dermaga diikuti oleh seluruh wanita dan mereka menari disana. Saya ikut merasakan betapa generasi tua ini bernyanyi seakan-akan mereka memang bernostalgia dengan lagu tersebut. Saya memberi satu bintang untuk adegan ini. Lalu penampilan solo dari Meryl Streep dalam lagu Winner Takes it All yang luar biasa dan benar-benar penuh penghayatan. Another Star for this scene. Dan walaupun hanya sebentar, tapi buat saya adegan silhoute bayangan di kegelapan pada akhir film sedikit classy. I like it. Plus one star again.

So tiga bintang untuk film musikal yang satu ini. Bila anda penggemar ABBA so pasti jangan lewatkan film ini. Dan bagi anda yang suka film musikal, well inilah salah satu film musikal yang sangat-sangat menghibur dan menyenangkan. Dan bagi anda yang tidak suka film musikal, film ini bisa menjadi awal yang baik untuk mulai menyukainya.

No comments: