Thursday, November 13, 2008

STREET KINGS

Film diawali dengan keberhasilan Tom Ludlow (Keanu Reeves) dalam menyelamatkan dua orang gadis Korea dari gerombolan penjahat. Namun aksi Ludlow yang selalu maen tembak dan maen bunuh menyebabkan mantan partnernya Washington (Terry Crews) selalu mengincarnya dan mengancam untuk menangkap Ludlow. Namun untungnya Ludlow selalu didukung oleh atasannya , Wander (Forest Whitaker) dan teman satu timnya, Clady (Jay Mohr), Dante (John Corbett) dan Santos (Amaury Nolasco).



Ternyata Washington bekerja sama dengan Internal Affairs, Captain James Biggs (Hugh Laurie) untuk menyelidiki Ludlow. Hal ini membuat Ludlow marah. Ketika dia sedang mendekati Washington di sebuah supermarket, ada 2 orang yang menembak mati Washington namun sialnya Ludlow salah tembak hingga mengenai bahu Washington.




Merasa bersalah, Ludlow menyelidiki kejadian ini dengan Paul Diskant (Chris Evans) diam-diam tanpa sepengetahuan teman-teman timnya. Ternyata penyelidikan mereka menuju ke suatu hal yang sangat besar. Dimana semua orang hampir terlibat. Siapakah dalang dari semua ini?

COMMENT
Keanu Reeves bermain menjadi polisi lagi setelah Speed. Namun jangan berharap ada aksi yang menegangkan di film ini seperti dalam Speed. Banyak aktor-aktor terkenal yang main di film ini, seperti Forest Whitaker (The Last King of Scotland), Hugh Laurie (serial House), Jay Mohr (Jerry Maguire), John Corbett (My Big Fat Greek Wedding), Chris Evans (Fantastic Four), Cedric The Entertainer, Common, The Game. Dan yang paling menarik dari semuanya adalah penampilan Chris Evans yang bisa mengubah imagenya dari Johnny Storm menjadi seorang polisi pemula yang gagah. Dan saya suka adegan mereka berdua. Dari pertama kali kenal , adegan di toilet, adegan pengejaran dan adegan ketika berhadapan dengan Fremont dan Coates yang palsu. Forest Whitaker pun bermain cukup apik.

David Ayer sang sutradara dikenal sebagai penulis film-film bagus seperti Training Day, U-571, Dark Blue, S.W.A.T. Sedang ceritanya ditulis oleh James Ellroy yang membuat film polisi lain yang mirip L.A Confidential, Dark Blue. Dibantu oleh Kurt Wimmer, sutradara Equilibrium dan Ultraviolet (sekedar informasi Kurt Wimmer rumornya akan menggarap Metal Gear Solid). Jadi wajar saja film ini mempunyai tipikal yang sama dengan L.A. Confidential.

Well, saya menganggap film ini setara dengan L.A. Confidential. Malahan karakter Ludlow mirip dengan karakter yang dimainkan oleh Russell Crowe dalam Confidential. Hanya nasib film ini tidak sama dengan L.A. Confidential yang menuang banyak pujian. Sebagai informasi, L.A. Confidential meraup US$ 64 juta, sedangkan Street Kings hanya mendapat US$ 26 juta tapi sudah balik modal dengan modal hanya US$ 20 juta. Saya memberi satu bintang untuk cerita yang mirip dengan L.A. Confidential dimana ternyata banyak rahasia dibalik semua tokoh. Dan bintang satu lagi untuk permainan memikat antara Keanu Reeves dan Chris Evans dalam adegan yang melibatkan mereka berdua. 2 dari 5 bintang.

No comments: