Saturday, November 15, 2008

THE BANK JOB

Terry Leather (Jason Statham) sedang dalam kesulitan finansial ketika mantan pacarnya Martina Love (Saffron Burrows) mengajaknya untuk merampok sebuah ruang yang berisi kotak-kotak deposit berharga. Semula Terry menolak namun akhirnya dia mengajak teman-temannya untuk bergabung. Dengan menggali terowongan di bawah bank tersebut, Terry cs berhasil menggasak hampir semua isi dari brankas deposit bank tersebut.


Ternyata Martina bekerja sama dengan salah seorang agen rahasia Inggris untuk mengambil sebuah rahasia yang disimpan di salah satu kotak. Lalu ada juga buku rahasia milik seorang pengusaha yang berisi tentang transaksi rahasia. Terry cs akhirnya dikejar banyak pihak. Dan satu persatu temannya tewas. Bagaimana cara Terry keluar dari masalah ini? Bagaimana dengan nasib istri dan anak-anak Terry?

COMMENT

Saya suka Roger Donaldson karena dia sudah menyutradarai berbagai genre film dari drama (Cocktail), disaster movie (Dante’s Peak), spionase (The Recruit), Science fiction (Species) sampai cerita konspirasi (Thirteen Days). Kini film kisah nyata tentang perampokan sebuah bank. Dari awal film yang menurut saya agak membosankan sampai setelah sepertiga film berjalan, baru film mulai menunjukkan arahnya. Ketegangan mulai terjadi ketika ternyata banyak pihak yang terlibat dan mengejar-ngejar Terry cs. Dan kebosanan di awal film pun terbayarkan.

Jason Statham tampaknya ngebut bikin film, ngantri filmnya seperti Transporter 3, Crank 2 dan The Brazilian Job (sekuel dari The Italian Job). Saffron Burrows pernah main jadi istri Eric Bana dalam Troy. Semua pemain lainnya pun berasal dari Inggris. Karena memang film ini berseting di London tahun 1971.

Well akhir kata, film ini termasuk lumayan, walaupun Jason Statham termasuk aktor laga tapi dia tidak banyak beraksi dalam film ini. Saya memberi satu bintang untuk adegan menegangkan yang berlangsung terus menerus di paruh akhir film ini setelah perampokan terjadi. Sayangnya film ini tidak masuk Indonesia. Jason, please do something different and better in your next movie or people will get bored with you.

3 comments:

Bluray said...

great movie!

GILASINEMA said...

Menurutku film ini merupakan salah satu filmnya Jason Statham yang bagus selain The Italian Job.
Perannya juga berbeda sekali. Lebih soft.
Skenarionya lumayan rapat dan tidak membosankan. Dibandingkan Ocean 11, terus terang aku lebih menyukai film ini.

Bang Mupi said...

Ocean 11 mah memang berkesan maen2. Itu sih film easy going. Gua ga terlalu suka Ocean 11, 12, 13.