Saturday, November 15, 2008

TROPIC THUNDER

Film Tropic Thunder mengalami keterlambatan suting karena berbagai hal. Aktor Tugg Speedman (Ben Stiller) yang berperan sebagai “Four Leaf” dan empat lainnya Kirk Lazarus (Robert Downey Jr.), Jeff Portnoy (Jack Black), Kevin Sandusky (Jay Baruchel) Alpa Chino (Brandon T. Jackson) yang bermain dalam film perang berdasarkan cerita nyata dari Four Leaf (Nick Nolte). Ketika adegan ledakan yang menghabiskan banyak uang menjadi sia-sia karena tidak terekam oleh kamera, membuat sang produser, Les Grossman (Tom Cruise) marah kepada sang sutradara, Damien Cockburn (Steve Coogan).


Berkat usul Four Leaf, akhirnya nekad Damien membawa seluruh pemainnya ke hutan agar bisa berakting secara alamiah. Namun sialnya ternyata di hutan itu adalah daerah segitiga Bermuda yang penduduknya memproduksi ganja. Maka terjebaklah para aktor tersebut disana. Bagaimanakah mereka yang tidak punya pengalaman perang bisa keluar dari markas para penjahat?

COMMENT
Dari awal film, saya sudah tertawa melihat cuplikan trailer dari film-film yang dibintangi para aktor disini. Dan ada juga berbagai adegan yang diambil dari film-film perang terkenal seperti Platoon. Ben Stiller sebagai sutradara dan penulis cerita cukup handal dalam membuat sebuah film komedi. Dan ada beberapa adegan yang membuat saya terpingkal-pingkal. Dan ada sedikit adegan yang membuat saya sedikit terharu. Beginilah seharusnya membuat film yang menyindir film lain atau aktor lain. Tidak seperti Scary Movie (masih ok), Epic Movie, Date Movie, Superhero Movie, Meet The Spartan (wah yang ini ancur).

Mengenai aktingnya di film ini, Ben Stiller tampil standar. Jack Black pun terlihat tidak menonjol. Yang menonjol adalah penampilan Robert Downey Jr. yang wajahnya dimake up abis. Terus aksen Australianya dan raut wajahnya yang kaku. Lucu banget. Saya lebih suka performance Downey disini daripada film Ironman. TOP. Dan perlu dicatat, beberapa penampilan aktor terkenal seperti Tom Cruise, Matthew McConaughey, Tobey Maguire, Jon Voight, Jennifer Love Hewitt. Tapi Owen Wilson kok ga ada ya.

Akhir kata, saya menyukai film komedi ini. Dengan skenario cerdas dan penampilan prima dari para aktornya yang tidak berusaha melucu malah membuat film ini menjadi film komedi yang solid. Bintang pertama adalah untuk skenario yang cerdas. Bintang kedua untuk penampilan Robert Downey Jr. yang brilian. Dan bintang terakhir adalah untuk cuplikan trailer di awal film yang benar-benar lucu apalagi trailer yang ada Tobey Maguirenya. Spiderman vs Ironman. Hehehe. Overall 3 stars.

2 comments:

GILASINEMA said...

Nih film memang seru, dan benar-benar sebuah film parodi, bukannya spoof gak jelas. Penulis cerita secara cerdas menggabungkan plot cerita Rambo, Platoon dan Apocalypse Now. Tambah seru dengan sindiran mengenai industri film di Holly
Paling asyik memang liat Robert Downet, Jr dan Tom Cruise. Fresh banget.
Mungkin ada baiknya Tom mencoba lebih banyak film komedi.

Bang Mupi said...

Tapi bintang terangnya Tom Cruise lagi meredup bro. Padahal dia termasuk aset Hollywood yang berharga.