Sunday, November 9, 2008

BANGKOK DANGEROUS

Joe (Nicholas Cage) adalah seorang pembunuh bayaran yang sangat berhati-hati dalam tugasnya. Tidak pernah meninggalkan jejak setelah aksi pembunuhannya. Termasuk kurir yang ditugasinya untuk mengambil keperluannya. Setelah aksinya di Praha, Joe pergi ke Bangkok untuk mengerjakan 4 tugas pembunuhan yang disuruh oleh Surat (Nirattisai Kaljaruek).


Di Bangkok, Joe mempekerjakan Kong (Shahkrit Yamnarm), seorang pencopet jalanan, sebagai kurirnya. Entah kenapa Joe malah melatih Kong berbagai ketrampilan seperti menembak, bela diri. Lalu Joe pun berkenalan dengan Rain (Charlie Yeung) yang tuna rungu. Karena suatu peristiwa, Rain mengetahui bahwa Joe adalah seorang pembunuh. Rain pun jadi membenci Joe. Di akhir tugasnya, Surat menyuruh Joe untuk membunuh seorang tokoh penting. Namun karena Surat tidak ingin rahasianya terbongkar makanya dia menculik Kong dan pacarnya , Aom untuk mengetahui tempat rahasia Joe. Agar dia bisa menyuruh anak buahnya untuk membunuh Joe. Bagaimana Joe menyelesaikan tugasnya? Dan bagaimana hubungannya dengan Rain? Apakah Kong dan pacarnya akan selamat?

COMMENT
Setelah membuat film pertamanya di Hollywood, The Messenger, Pang brothers me-remake film Thailand mereka yang berjudul sama. Namun agar sesuai dengan standar Hollywood, dibuat sedikit perubahan dengan bantuan penulis skenario, Jason Richman. Cerita seorang pembunuh bayaran sudah sering difilmkan. Contohnya Leon the Professional (Jean Reno) , Assasins (Stallone), Replacement Killers (Chou Yun Fat). Kini setingnya terjadi di Thailand, lengkap dengan kuilnya, pasar terapung di atas sungai. Selayaknya cerita seorang pembunuh bayaran, biasanya sudah menjadi pakem bahwa sang pembunuh bayaran luluh hatinya oleh suatu hal dan ingin meluruskan hidupnya. Dan begitulah dengan Joe disini. Semua pemain kebanyakan adalah orang Thailand kecuali Cage dan Charlie Yeung (Seven Swords, New Police Story) yang berasal dari Hongkong. Dan rata-rata akting pemainnya biasa saja tidak ada yang istimewa.


Aksi-aksi di film ini pun biasa sekali, masih kalah dengan gayanya Chou Yun Fat sebagai pembunuh bayaran. Sebenarnya ada adegan dramatis ketika Joe menembak dua orang di belakang Rain sedangkan Rain tidak menyadarinya karena dia tuli. Namun tidak dibuat maksimal oleh Pang Brothers karena menurut saya adegan itu sangat penting. Karena adegan itu adalah titik awal dan titik balik perasaan Rain terhadap Joe dan juga perasaan Joe yang ingin mengakhiri kehidupan gelapnya karena secarik kertas yang ditulis oleh Rain.

Well, saya nonton film ini dengan harapan tinggi karena ini remake film Pang Brothers sendiri dan didukung oleh bujet yang besar US$ 45 juta. Tentu saja dengan harapan apa yang mereka tidak bisa wujudkan di filmnya yang original, bisa diwujudkan disini. Saya belum nonton film originalnya, tapi dengan hasil seperti ini, saya tidak terlalu berniat untuk menontonnya. Sorry Cage no star for you this time. It’s not so dangerous anyway.

No comments: