Sunday, November 9, 2008

IRONMAN

Tony Stark adalah seorang jenius muda yang kaya raya karena perusahaannya Stark Industry memproduksi senjata. Ketika sedang mendemonstrasikan senjata terbarunya, rudal Jericho di Timur Tengah. Stark diculik oleh kawanan teroris The Ten Rings. Dimana Stark dipaksa untuk membuat rudal Jericho. Di sini Stark berkenalan dengan Yinsen. Berdua dengan Yinsen, Stark membuat sebuah baju besi canggih untuk melarikan diri dari sarang teroris. Stark berhasil melarikan diri dengan bantuan Yinsen.



Pulang ke Amerika, cara pikir Stark berubah. Dia tidak ingin lagi memproduksi senjata. Hal ini ditentang oleh Obadiah Stane, partner ayahnya Karena kalah suara dengan dewan perusahaan. Stark ‘dirumahkan’. Dalam kesenggangannya, Stark berusaha kembali merakit baju besi yang lebih canggih, lebih powerful.



Tanpa sepengetahuan Stark, kembali pengiriman senjata terjadi ke tempat dimana The Ten Rings berkuasa. Demi menolong penduduk di sana, Stark berubah menjadi Ironman dan meledakkan supply senjata The Ten Rings. Namun tentara Amerika segera mengerahkan dua pesawat tempur untuk menggempur sebuah benda tak dikenal. Teman dekat Stark, Kolonel Rhodes akhirnya mengetahui bahwa benda itu adalah Stark.



Lewat bantuan Pepper Pots, asisten kepercayaan Stark, akhirnya terbongkar sebuah rahasia di Stark Industry. Siapakah dalang dari semua ini? Bagaimana cara Stark membereskan masalah ini? Sedangkan prototype baju besi pertama yang digunakan Stark untuk meninggalkan sarang teroris ditemukan oleh kelompok The Ten Rings?

COMMENT
Kembali sebuah film Superhero diproduksi Hollywood. Dan kali ini giliran komik superhero keluaran Marvel. Disutradarai oleh Jon Favreau, sutradara Elf dan Zathura. Tapi pernah juga bermain sebagai partner pengacara Ben Affleck dalam Daredevil, juga pernah main dalam serial Friends jadi milioner pacarnya Monica Geller. Sedangkan pemeran Tony Stark akhirnya jatuh ke tangan Robert Downey Jr. padahal sebelumnya Tom Cruise yang direncanakan untuk menjadi Tony Stark. Asisten kepercayaannya dimainkan oleh Gwyneth Paltrow. Teman dekat Stark, Kolonel Rhodes diperankan oleh Terence Howard. Lalu Obadiah Stane diperankan oleh aktor kawakan Jeff Bridges. Lalu di akhir film setelah credit title keluar semua ada cameo Samuel L. Jackson sebagai Nick Fury pimpinan SHIELD.

Seperti Batman Begins, film ini dimulai dari bagaimana awal lahirnya Ironman. Dengan spesial efek canggih yang membuat kecanggihan Ironman terlihat di film. Proses pembuatan baju Ironman pun cukup menarik untuk diikuti. Juga percikan-percikan cinta antara Stark dan Potts pun cukup menarik. Hanya sayang adegan aksinya termasuk sedikit dan sebentar. Hanya adegan terakhir melawan Ironmonger yang agak lama tapi itu pun masih belum maksimal. Di luar semua itu, menurut saya Ironman adalah film superhero yang memuaskan dibandingkan Superman Returns dan The Incredible Hulk. Dan setara dengan Spiderman tapi masih dibawah Batman Begins. (The Dark Knight saya belum nonton)



Well akhir kata, saya memberi satu bintang untuk Jon Favreau yang sudah memvisualisasikan Ironman dengan begitu detil dan nyata. Lalu saya memberi satu bintang lagi untuk hubungan asmara terselubung antara Stark dan Potts yang menggemaskan. Sebenarnya saya ingin memberi satu bintang untuk adegan aksinya tapi tidak jadi karena masih belum memuaskan. So dua bintang dari lima bintang untuk Ironman.

No comments: