Friday, July 23, 2010

NOTTING HILL (1999)


Awalnya gua tertipu dengan judulnya. Gua pikir Nothing eh ternyata Notting. Ternyata Notting Hill adalah nama sebuah distrik di London. Film ini dibintangi oleh Julia Roberts dan Hugh Grant. Gua sebenarnya tidak terlalu suka dengan Julia, tapi film ini masuk dalam deretan film favorit gua. Especially one of my favorite romantic movies.

Roger Michell, sang sutradara berhasil membuat sebuah film yang sangat menarik. Jelas didukung oleh cerita yang ditulis oleh Richard Curtis. Cerita cinta sederhana yang digarap dengan sederhana tapi hasilnya memuaskan penonton (termasuk gua). Banyak dialog-dialog lucu penuh kekikukan yang membuat gua tertawa. Hugh pun bermain bagus disini. Hasilnya pun laris manis, dengan modal US$ 42 juta menghasilkan US$ 363 juta di seluruh dunia. Mengesankan sekali. Itulah kesan yang gua juga dapatkan dari menonton filmnya.


Melihat list di imdb. Tidak banyak daftar film yang sudah dibuat Roger. Hampir semua filmnya gua tidak tahu kecuali Changing Lanes yang dibintangi oleh Ben Affleck dan Samuel L. Jackson. Never mind, setidak-tidaknya gua menyukai Notting Hill. Ditambah iringan musik yang membuat film ini menjadi lebih indah dan romantis.


Julia berperan sebagai Anna Scott seorang artis terkenal. Gua yakin semua sudah mengenal Julia. Sudah banyak film yang dibintanginya. Hanya beberapa yang gua suka selain film ini, yaitu Conspiracy Theory bareng Mel Gibson (tidak banyak yang senang film ini) lalu ada Erin Brockovich yang membuat Julia mendapat Oscar. Itung-itung membantu Julia promosi film terbarunya yang sebagian sutingnya dilakukan di Bali, Eat Pray Love (yang kabarnya beredar bulan Agustus 2010). Sebagai Anna, memang seakan-akan Julia berperan sebagai dirinya dan menurut gua sangat pas sekali. You gonna love Anna here. So adoreable dan sedikit menyebalkan hehe…

William Thacker diperankan oleh Hugh, well, kalian akan bersimpati pada tokoh ini. Pemilik toko yang menjual buku-buku travel. Unik juga. Satu film Hugh yang gua langsung ingat adalah Music and Lyrics. Kalo kalian suka Music and Lyrics pasti kalian akan suka Notting Hill. Dan satu lagi yang sedikit nyeleneh yaitu American Dreamz. Ada satu adegan bagus yang menggambarkan waktu satu tahun Thacker dalam kesepian. Brilian. Lalu juga ketika mereka duduk berdua di taman kemudian angle kamera bergerak ke atas ditambah lagu Ronan Keating “When You Say Nothing at All”

Satu lagi yang menarik dari film ini adalah pemeran pendukungnya yang tidak kalah ciamik penampilannya. Mereka sangat natural sekali disandingkan dengan aktor dan aktris seperti Hugh dan Julia. Patut diacungi jempol. Ditambah bintang tamu seperti Alec Baldwin dan Matthew Modine. Mungkin banyak juga cameo British actors or actress tapi yang gua kenal hanya Emily Mortimer.

Banyak film drama romantis yang gua tonton, tapi sedikit sekali yang enak untuk ditonton berkali-kali. Dan inilah salah satu diantaranya. Kisah manis yang dilantunkan dengan pas dalam waktu 124 menit.

12 comments:

Anto Hendarto said...

Setuju. Aku juga nonotn film ini berkali-kali. Lucunya film ini dibuat tahun 1999, tetapi baru tahun ini 2010 baru ku tontong secara gak sengaja.

Bang Mupi said...

Iya bro. Banyak film-film bagus tahun 90an. Dibandingkan sekarang lebih banyak remake, reboot dan sekuel hehe...

Budi Cahyono said...

Ternyata banyak juga ya film 90'an yang belum kutonton, saatnya pergi ke rental film.. he

Bang Mupi said...

hahaha...selamat menonton bro :D

e2p said...

kalo gw... kalo nonton film drama engga pernah utuh... kalo dari awal.. engga selesai sampe akhir.. kalo terakhir paling nungguin soundrack-nya he..he.. lagu2nya emang enakeun... sama dengan film musiC & Lyric

Bang Mupi said...

Wah kenapa begitu bro? Tapi setuju kok memang soundtrack-nya ok-ok.

e2p said...

Biasa bang kalo nonton film drama yang rada2 mellow suka ketiduran he..he..

Bang Mupi said...

hehe bukan karena terharu sambil meneteskan air mata wakakakakak

Wuri After Indigo said...

suka banget soundtracknya yang dibawain shania twain ..
its called 'you've got a way'....
never get tired listen to it...

Bang Mupi said...

@Wuri : kemana yah Shania sekarang, uda lama ga nyanyi lagi?

Gie said...

Hugh Grant: "Woopsidaisess!"
Hahahaha... adegan wktu dmn hayooooo...???

Bang Mupi said...

@Gie : nah abis itu adalah salah satu adegan romantis di film ini. Julia duduk dibangku taman, lalu ada lagu When You Say Nothing at All lalu kamera bergerak ke atas. Keren.