Monday, January 24, 2011

KING OF FIGHTERS (2010)


Another movie based on game. Tapi jangan terlalu berharap banyak dengan film ini. Gua ga terlalu paham dengan game King of Fighters, yang jelas ini adalah game fighting. Jagoannya pun gua ga tau, tapi ada satu nama yang gua kenal Terry Bogart, seorang jagoan bertopi oranye dan rompi oranye. Namun disini Terry adalah seorang CIA yang akhir-akhirnya malah bertingkah laku konyol.

Alkisah, ada seorang petarung bernama Mai, yang jujur aja, what a waste nih karena dimainkan oleh Maggie Q. Seharusnya Gordon Chan, the director bisa memaksimalkan kemampuan Maggie. And kenapa lagi Gordon Chan kok seperti ini, padahal dulu dia yang bikin Thunderbolt-nya Jackie Chan. Yang menurut gua, itu adalah salah satu film terbaiknya Jackie Chan karena meskipun tata kelahinya digarap Samo Hung tapi gerak kamera membuat gebrakan Jackie terlihat mantap di Thunderbolt.

Kisah pertarungan yang diadakan di dimensi lain. Awal film keren banget, dengan memencet tombol di device seperti handsfree buat handphone, Mai langsung berpindah dimensi untuk melakukan pertarungan. Keren, sebenarnya bisa lebih keren lagi kalo landscape pertarungannya dibuat lebih fantastis…namun yang terjadi berikutnya, kita hanya disajikan adegan fighting yang hanya memamerkan gaya tarung khas masing-masing karakter (gua belum pernah maen gamenya, jadi ini hanya tebakan gua aja). Sisanya kayak nonton film kungfu Mandarin jaman dulu. Gua mau cek di imdb siapa penata kelahinya oh si David Leitch, ga pernah denger tentang si David ini. At least masih lebih baik Dead or Alive dengan fighting choreographernya, Corey Yuen.

Sean Faris menjadi jagoan prianya. Dia yang maen di Never Back Down. Tampang sih lumayan ok, kemampuan fightingnya lumayan, hanya aktingnya masih perlu ditempa lagi. Sedangkan Maggie Q, seperti gua bilang tadi, mubazir bahwa talenta Maggie Q tidak dipergunakan dengan baik, malah jadi terkesan fashiow show nih. Ray Park jadi antagonisnya, I say it once again, dia pun lebih terlihat perkasa di G.I. Joe : Rise of Cobra. Disini sih ga ada apa-apanya, terkesan seperti maen-maen malah. Tiap dia muncul bawaannya, malah pengen ketawa bukannya takut.

Dapet score 3,4 dari imdb. Gua liat di BOM pun tidak terdaftar atau karena memang belum maen di Amrik.
Sayang sekali, satu lagi film berdasarkan game yang hasilnya tidak memuaskan sehingga menambah deretan film based on game yang gagal dan menambah keyakinan bahwa kutukan bahwa movie based on game selalu terpuruk. Sebagai trivia, ada Francoise Yip, yang dulu pernah maen bareng Jackie Chan di Rumble in The Bronx.

2 comments:

ixeman said...

Yang memang sayang kalo idenya bagus tapi hasilnya kurang bagus

Bang Mupi said...

setuju banget :)