Monday, January 10, 2011

KICK-ASS (2010)


Setelah menonton Scott Pilgrim vs The World, gua jadi lebih penasaran dengan Kick Ass yang kata banyak orang keren banget. Well, gua cerita dikit dulu. Nicolas Cage dari dulu memang ingin sekali memerankan tokoh superhero. Terwujud dalam film Ghost Rider. Kini kembali terlampiaskan lewat film ini. Seorang karakter bertopeng, mungkin tidak bisa disebut superhero karena tidak punya kekuatan super, toh Batman pun bisa dianggap pahlawan super walaupun tidak punya kemampuan super. He looks old and tired (maybe because in this movie, he lost his wife), Masih ok buat gua, karena disini gua bukannya ingin melihat kesaktian akting Cage. Aaron Johnson pemeran utama di film ini, by the way who is he? Gua kok ga pernah denger tentang dia. Suaranya terdengar mirip si Tobey Maguire. Gua liat imdb dulu, hmmm…pernah maen jadi Charlie Chaplin di Shanghai Knights, pernah maen juga di The Illusionist. And Guess what, bakal ada Kick Ass 2 : Balls to the Wall. Namun diantara semuanya, gua yakin pasti kalian akan sangat-sangat menyukai karakter Hit Girl yang dimaenkan oleh Chloe Grace Moretz dengan sangat-sangat menyakinkan. Dialah motor penggerak yang membuat film ini berjalan maju dengan gagah perkasa. Sudah terlihat bakatnya setelah menonton Chloe lewat film (500) Days of Summer. Dan disini Chloe sudah mengeluarkan kemampuan fisiknya semaksimal mungkin. Two thumbs up. Mark Strong yang berperan sebagai villain, sebenarnya tidak jelek permainannya namun masih kalah jauh dari kharismanya dalam Body of Lies.

Matthew Vaughn, sang sutradara berhasil membuat film superhero yang cukup membuat tensi naek turun bahkan kadang terasa ironis sekali. Vaughn berhasil memvisualisasikan adegan-adegan yang memutarbalikan kebanyakan film Hollywood. And it turned out to be a fun movie. I enjoy the movie. Bahkan gua sampe lupa bahwa ini adalah sebuah film superhero, yang kebetulan diambil dari sebuah komik. Padahal sebelumnya, gua menilai Vaughn gagal menggarap Stardust (Michelle Pfeiffer). But he did it this time.


Dibandingkan dengan Scott Pilgrim, gua lebih memihak film ini karena film ini lebih memiliki aspek-aspek sebuah film. Kebetulan gua lagi inget, sebenarnya sepanjang film banyak dihiasi oleh banyak lagu. Namun menurut gua, ada beberapa musik di film ini, yang pas banget. Menyentuh sekali. Memorable scene. Tapi tolong diingat, tingkat kekerasan dan kesadisan film ini cukup tinggi terlebih lagi hal tersebut dilakukan oleh anak kecil. Jadi harap diperhatikan hal tersebut jika ingin mengajak anak kecil untuk menontonnya.


Padahal film menyiratkan banyak hal yang sebetulnya sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Berbagai sindiran banyak dilontarkan oleh Vaughn. Dan itu yang membuat film ini sangat menarik. Tetapi untuk menjadi rival dari film superhero lain seperti Batman Begins, The Dark Knight dan Watchmen, film ini kurang “perkasa” namun yang pasti masih banyak film-film pahlawan super lain yang lebih jelek dibandingkan Kick Ass.

No comments:

Powered By Blogger