Sunday, February 22, 2015

JOHN WICK (2014)




Banyak film Keanu Reeves yang masuk daftar film favorit saya. Sebut saja Speed, Matrix Trilogy, Constantine, Replacements, Lake House dan Hardball.  Aktingnya sih biasa saja menurut saya. Hanya memang film-film yang saya sebutkan tadi cukup menarik filmnya. Tanpa promosi yang cukup gencar, muncul film John Wick.

Inti cerita sederhana, balas dendam.  Adegan aksinya juga tidak sespektakuler trilogi The Matrix. Tapi entah kenapa asik banget nonton film ini.  Kata istilah teman gua di grup Bank Movie…senggol tusuk…senggol hajar.  Nah seperti itu kira-kira istilahnya hehehe.  Sudah lama tidak nonton film aksi seasyik ini, tanpa beban, ikut mengalir saja.  Mungkin sejenis dengan The Equalizer-nya Denzel Washington.  Saya suka juga film itu tapi saya lebih suka film ini.

duo directors
Sang sutradara Chad Stahelski dan David Leitch, sering menjadi stuntman memulai debut penyutradaraannya disini.  Mereka berdua berhasil membuat Reeves menjadi seorang jagoan brutal mematikan dan sangat efisien. Gebrakannya pun punya nama Gun-fu style, cukup komikal. Beda ya sama Gun-kata yang dipopulerkan oleh Christian Bale di Equilibrium atau Milla Jovovich di Ultraviolet. Terus terang cocok banget Keanu berperan sebagai John Wick disini.  Bahkan humor disini bisa dibilang dark mengenai dunia hitam underground.  Boleh ditunggu kabarnya akan segera dibuat sekuelnya dengan sutradara dan pemain yang sama. 

Cukup banyak bintang ternama yang maen di film ini, misalnya Willem Dafoe, Adrianne Palicki, Ian Mcshane, John Leguizamo dan Bridget Moynahan. Disini seakan-akan sang sutradara membuat dunia tersendiri tentang dunia kriminal lengkap dengan uang logam emas khusus.  Salah satu villain pun adalah Daniel Bernhardt yang pernah melawan Keanu di Matrix Reloaded bahkan ada juga Juru Kunci yang main di Matrix Reloaded ikut berperan kecil disini.  Tidak heran ternyata sang sutradara dulu pernah menjadi stunt double Keanu di Matrix Reloaded.  Mungkin tadi si Daniel, saya bilang villain yah, mungkin kurang tepat karena disini sebenarnya hampir semuanya bukan orang baik-baik.  Mungkin yang perlu dicatat juga adalah seorang produsernya adalah Eva Longoria, salah seorang cast di serial tivi Desperate Housewives.


Awal film pun tidak dibuat berlama-lama penonton larut dalam aliran drama.  Sesudah cukup porsi dramanya untuk sedikit memberi latar belakang jagoan kita, langsung saja aksi, aksi…dan aksi lagi. Jadi buat saya, nonton John Wick cukup menyenangkan.  Bukan hal yang segar tapi cukup mengasyikan.  Akting Keanu lupakan saja, tonton saja aksinya yang cepat, tidak stylish (maksudnya tanpa slow motion) bahkan cenderung brutal tapi berhasil membuat memuaskan saya.  Bisa jadi Keanu berhasil memunculkan ikon baru sesudah Neo dan Constantine kini dia menjadi JOHN WICK, mudah-mudahan sekuelnya nanti bakal seasyik film pertamanya ini. Let’s see.

No comments:

Powered By Blogger