Friday, February 13, 2015

THE NEXT THREE DAYS (2010)




Terakhir nonton Russell Crowe waktu jadi bokapnya Superman di Planet Krypton.  Itu tahun 2013.  Lama amat .  Film terakhir dia Noah, saya belum nonton.  Kasian amat.  Sekarang malah nonton film dia yang rilis tahun 2010.  Peduli amat hehehe.

Liat judulnya keren yah. Berasa seperti film futuristik, dimana tokoh utamanya bisa berpindah waktu ke masa depan.  Sayang sekali saudara-saudara, kalian salah (lagian yang bilang saya tapi yang disalahin kalian).  Kalo liat genrenya di imdb.com, crime – drama – romance.  Jadi sama sekali tidak ada unsur science fiction bahkan unsur aksi pun tidak ada di dalam kategori di imdb untuk film ini.  Jadi beware boys/girls/women/men and so on, ini bukan film aksi.

Film diawali dengan adegan penangkapan istri John Brennan (Russell Crowe) yang bernama Lara (Elizabeth Banks) dengan tuduhan pembunuhan.  Saya pikir wah ini pasti bakal seru adegan di pengadilannya ala film-film yang diadaptasi dari novel John Grisham.  Namun saya salah, cerita selanjutnya bisa dibilang drama.  Sampe akhirnya, menjelang akhir baru tegangnya dapet.  Jadi harusnya genrenya menjadi romance-drama-crime.  Mulai melihat ke arah mana jalur filmnya kan?

Ada Diane Kruger di versi Perancis ini

Berdasarkan film Perancis tahun 2008 yang berjudul Pour Elle, saya pikir tadinya berarti Poor Elle (kasihan Elle) ternyata artinya Anything for her.  Keren yah J  Tapi saya belum nonton film versi Perancis-nya jadi belum bisa bandingin bagus yang mana.  Seperti yang saya bilang tadi ini bukan film aksi, jadi adegan memacu…adegan yang benar-benar memacu adrenalin itu kira-kira setengah jam menjelang akhir.  Tapi bagi saya tidak terlalu berdampak demikian, saya hanya merasakan penasaran aja bagaimana ending film ini.  Jadi pertengahan film bisa dibilang cenderung ke drama biasa meskipun ada juga selipan-selipan adegan yang mendebarkan.

Mengenai Russell Crowe, siapa sih yang tidak mengenal Crowe.  Yang bikin saya penasaran adalah pemeran istrinya, dia pernah maen dimana aja yah. Ternyata maen di Hunger Games, kok saya ga nyadar yah dia ada maen di film tersebut.  Ada di Man on a Ledge juga. Hmmm….and finally ingat juga ternyata dia ada maen di triloginya Spiderman (Sam Raimi) sebagai sekretarisnya si redaktur yang sering emosi itu.  Way to go Elizabeth Banks.  Mudah-mudahan karirnya tambah lancar ke depannya.  Untuk Crowe sendiri jelas, kemampuan aktingnya ga usah ditanyakan lagi.  Namun disini kok kerasa kurang simpatik buat saya sih.  Maksudnya saya tidak bisa bersimpati dengan karakter yang dimainkan Crowe disini.  Lebih bersimpati ketika dia berperan sebagai Jor-El di Man of Steel.  Tapi salah satu akting yang patut diacungi jempol adalah ketika dia mematahkan kunci.


Yang patut menjadi perhatian juga adalah munculnya karakter yang dimainkan oleh Liam Neeson dan Olivia Wilde.  Saya tidak akan bilang karakter mereka seperti apa dan apa peran mereka di film ini, biar penasaran. Hehehe


Sang sutradara Paul Haggis kurang berhasil mengikat penonton karena sedikit bertele-tele di pertengahan film, jika tidak tahan mungkin penonton tidak akan terus menonton filmnya sampai habis.  Walaupun banyak yang bilang, adegan menjelang akhir berhasil membayar penantian sepanjang film.  Tapi setidaknya misteri berhasil dijaga sampai menjelang akhir film. Dan for me, mau misterinya terkuak atau tidak, sudah tidak penting lagi karena menurut saya tujuan Haggis bukan ke sana.  Yang Haggis ingin sampaikan disini adalah tentang cinta menurut saya.  Itulah tujuan akhir dari Haggis. (saya sok tau nih)  Yah, saya yakin, Haggis ingin memberi tahu bahwa Love bisa membuat ordinary man menjadi extraordinary man and dilema moral juga.  Di akhir film, sang detektif pun sempat berkata “He is a teacher?”

Ini sih ga nyambung ke review di atas, saya baru tahu kalo Paul Haggis itu yang nulis Casino Royale-nya Daniel Craig.  Satu lagi, ternyata kita bisa belajar banyak dari Youtube, I know that from this movie.  And I just found out that Lara’s attorney adalah seseorang dari Home Alone.

1 comment:

Ania said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)