Tuesday, February 10, 2015

THE DEBT (2010)




The Queen, Helen Mirren. Well, saya belum nonton filmnya (jadi ngapain disebutin).  Hanya memang cukup luar biasa karakter yang dimainkan oleh Helen Mirren disini, Ratu Elizabeth.  Hanya sayang saya belum nonton, jadi sementara ini ga bisa komen.  Pertama kali saya melihat penampilan Helen Mirren di National Treasures : Book of Secrets, jadi ibunya Nicolas Cage disitu.  Film yang cukup komersil.  Saya nonton Mirren lagi di RED, maen bareng Bruce Willis.  Salah satu film yang komersil juga, sampai ada sekuelnya.  Nah sekuelnya saya belum nonton.

Dengan tidak mengetahui sama sekali tentang cerita The Debt, saya menonton tanpa ekspektasi apapun.  Dan saya langsung memutuskan diantara ketiga film Mirren yang baru saya tonton, disinilah aktingnya Mirren yang paling oke.  Itu kesimpulan pertama yang pertama kali muncul habis menonton film ini.  Ok that’s it, review selesai.  Gak lah, saya tidak setega itu mengecewakan teman-teman hehehe.


Saya baca-baca di google, ternyata ini film remake dari sebuah film Israel (1997) berjudul Ha-Hov (kalo diterjemahkan ke Bahasa Inggris menjadi The Debt juga).  Saya pikir tadinya ini berdasarkan kisah nyata tapi ternyata bukan.  Kisah tiga orang agen Mossad yang dituturkan dengan flash back antara kejadian sekarang dengan kejadian ketika mereka melakukan misi bertiga.  Dari judulnya mungkin sudah tertebak apa yang terjadi selanjutnya, jadi saya tidak akan bercerita panjang lebar tentang kisahnya.


Seperti tadi yang saya bilang di atas, performance dari Mirren paling bagus di antara 3 filmnya yang sudah saya tonton.  Jadi penasaran pengen nonton film-film Mirren yang lain.  Aktris peraih Oscar dan Golden Globe sebagai aktris terbaik lewat film The Queen (yang ternyata belum saya tonton) berhasil menampilkan akting seorang agen wanita tua yang masih tough dengan sangat baik.  Pemain lain yang memainkan agen Mossad tua lainnya yaitu Tom Wilkinson dan Ciaran Hinds.  Nah kebetulan aktor dan aktris yang berperan ketika mereka masih muda, yang cukup menarik perhatian adalah Jessica Chastain yang bermain sebagai Mirren muda.  Aktingnya pun cukup bagus.  Emosinya terbaca jelas di mimik wajahnya.  Yang sedikit kurang justru adalah Sam Worthington. Entah kenapa lucu saja tiap liat dia di depan layar beraksi.  Pokoknya ga dapet deh ekspresinya. 

Cerita cinta segitiga ketiga agen ini memang agak sedikit tanggung diceritakan, but well mungkin ketika kita berpikir apa yang terjadi dengan kisah cintanya, kita sudah diberi kejutan lain tentang apa yang terjadi pada misi mereka dahulu.  Dan kemudian kita dibuat lupa dengan kisah cinta mereka karena ada kejutan lain selain itu.


John Madden sang sutradara, pernah dinominasikan sebagai sutradara terbaik lewat Shakespeare in Love, sebenarnya sudah berhasil membuat sebuah thriller yang cukup baik. It’s a fight between good and evil. Cukup menegangkan walaupun bukan adegan aksi tapi beberapa momen cukup membuat kita menahan napas.  It worked.  Karena memang ketiga agen mossad ini bukanlah James Bond.  Jadi jangan berharap mereka melakukan aksi fantastis layaknya agen rahasia yang jago beraksi. Bisa dibilang aksi mereka cukup hening hehehe.  Tapi tetap menegangkan kala menontonnya.

Ketika teman-teman ingin mencari sebuah film aksi spionase yang gegap gempita, janganlah menonton film ini.  Tapi bagi yang suka thriller “hening” yang ketegangannya didapat melalui thrillernya dan cukup smart, film ini bisa memuaskan.  Bagi yang ingin melihat akting bagus dari Helen Mirren dan Jessica Chastain, bolehlah menyaksikan film ini.  Ingin melihat Sam Worthington beraksi atau berakting, hmm..mending liat Man on a Ledge aja deh.
Hampir lupa, yang patut dicatat screenplay-nya ditulis oleh Matthew Vaughn, sutradara Kick Ass dan X-Men : First Class. Ada satu adegan menarik yang perlu dicatat ketika Jesper Christensen (sang antagonis) bermain “psikologi” dengan ketiga agen Mossad muda ini.  Dan jika ada yang nanya, bagus mana sama versi aslinya, well My answer is I don’t know tapi it’s quite worth to watch this Hollywood version.

No comments:

Powered By Blogger