Wednesday, May 11, 2016

CAPTAIN AMERICA : CIVIL WAR (2016)




Setelah bulan kemaren nonton Batman V Superman (BVS) di bioskop, kini giliran Captain America : Civil War (saya singkat aja nanti jadi Civil War).  Sebenarnya saya bukan penggemar komik.  Superhero yang saya suka adalah Superman.  Itu pun saya sukanya karena dari film bukan dari hasil membaca komik.  Mengenal banyak para tokoh superhero marvel pun karena memang menonton semua film superhero keluaran marvel. Maksudnya yang tergabung dalam Marvel Cinematic Universe.  Jadi saya tidak akan membahas tentang komiknya tapi murni tentang filmnya.

Pertama-tama saya mau komen tentang trailernya dulu dimana trailer terakhir kalau ga salah, muncul superhero yang pake baju terusan (istilah Tony Stark kocak banget). Saya pikir kenapa trailernya mau membocorkan kehadiran superhero satu ini padahal kan bisa menjadi  senjata pamungkas.  Lalu ketika satu lusin superhero saling berhadap-hadapan dan siap bertarung, kok kelihatannya bakal biasa-biasa saja deh.  Ternyata dugaan saya salah besar.  Kemunculan superhero berjaring itu bukan hanya sekedar cameo.  Lalu pertarungan di bandara, yang ditampilkan di trailer paling hanya kurang lebih 10 persennya saja.  Masih banyak kejutan-kejutan lainnya.


Memang Russo brothers (Anthony dan Joe) sang sutradara berhasil meningkatkan kualitas Captain America di Captain America : Winter Soldier.  Tapi saya tidak menyangka, mereka bisa mengupgrade lagi film Captain America.  Segala adegan aksinya selain CGI sangat menegangkan.  Koreografi fightnya luar biasa.  Bahkan kemampuan Black Widow pun ikut terupgrade.  Hanya di awal yang agak mengganggu adalah gerak kameranya yang agak shaky tapi untung makin lama makin berkurang shakynya.  Hebatnya penggunaan CGI pun pas, tidak berlebihan.  Lebih hebatnya lagi, adegan aksi dan cerita pun bisa dipadukan dengan sangat pas sehingga tidak membuat bingung, malahan semakin dibawa masuk ke dalam konflik yang mereka hadapi.   

Mungkin sebagian bingung dengan alur BVS tapi saya yakin disini tidak akan terjadi, dengan catatan anda sudah menonton semua film superheronya Marvel (minimal The Avengers 1 dan 2 dan tentu saja Captain America 1 dan 2).  Lebih hebatnya lagi diantara semuanya, porsi semua superhero disini tidak ada yang berlebihan dan dipaksakan.  Memang nahkodanya terbagi antara Ironman dan Captain America.  Tapi kalau dilihat keseluruhan, semuanya mempunyai peran yang cukup berarti dan bisa dibilang berhasil meninggalkan kesan tersendiri.  Yang saya salut, kok bisa yah ditengah-tengah tawuran dahsyat antar superhero, bisa diselipkan humor-humor yang anehnya tidak terasa dipaksakan.  Ibarat roller coaster, sangat menyenangkan. 

Adegan klimaks di BVS punya kelebihan sendiri karena seakan-akan merupakan “bayaran” atas segala kebingungan dan kebosanan di awal film bagi sebagian penonton. Jadi ibarat grafik, naiknya menjulang tinggi. Dan buat saya itu salah satu pertarungan superhero yang keren.  Tapi pertarungan di bandara di film Civil War ini juga tidak kalah epiknya, merupakan pertarungan yang sulit sebenarnya untuk dilakukan, bukan karena faktor teknisnya tapi lebih kepada pembagian yang sangat pas porsinya. Itu yang saya sangat kagumi.  Russo brothers berhasil melakukannya.  Amazing job.  Tapi jangan khawatir, semua adegan seru di film ini cukup banyak dan menurut saya benar-benar memukau.

Konflik dan pertentangan antara Ironman dan Capam pun diterangkan setahap demi setahap sehingga menurut saya, keduanya mempunyai poin masing-masing yang tidak bisa disalahkan.  Masing-masing punya pandangan yang sekali lagi saya bilang, berhasil “dijelaskan” dengan baik di film ini.  Apalagi penderitaan yang diakibatkan oleh aksi superhero di film-film sebelumnya seakan-akan menjadi boomerang bagi para superhero karena manusia biasa menganggap mereka, sebagian maksudnya menganggap mereka berbahaya.  Sebenarnya idenya hampir mirip dengan BVS.  Hanya BVS tampil kelam sesuai dengan tema yang dibawanya.  Sedangkan Civil War, menampilkannya dengan nuansa yang tidak terlalu dibuat kelam.  Bahkan solusi akhirnya pun menurut saya, memang harus begitu endingnya. 


Bahkan kalau bisa dibilang tidak ada villain yang berarti di Civil War, maksudnya villainnya kalau dilihat dari fisik jelas kalah jauh sangarnya, tangguhnya dibandingkan Doomsday.  Tapi ya itu tadi, begitu lihainya penulis cerita membuat kisah film ini menjadi terlihat menarik.  Bahkan penonton dibuat sedikit terkecoh di bagian akhir.  Jelas ini permusuhan internal yang efeknya lebih heboh daripada serangan dari planet lain, menurut saya.  Kalau serangan dari planet lain menyebabkan luka luar.  Kalau ini luka dalam.

Dengan berat hati I might say, Marvel wins this time.  Yang jelas yang tidak bisa dikalahkan oleh Civil War adalah music scorenya BVS yang memorable.  BVS bagus di sepertiga akhir film selain mengacu pada Justice League, itu yang membuat saya suka BVS.  Sedangkan Civil War bagus secara keseluruhan. 147 menit tidak terasa membosankan.  Bahkan buat saya, Civil War lebih baik dari dua film The Avengers.  Tema yang tidak ringan tapi bisa dibuat ringan dan berbobot.  Sangat apik sekali ceritanya.  Ditambah selipan-selipan perkembangan beberapa karakter, yang memang tidak perlu terburu-buru karena pasti akan lebih digali lagi di film-film MCU berikutnya. Mungkin sekali lagi seperti yang saya bilang.  Adegan akhir di film ini menyebabkan “luka dalam” meskipun secara fisik mungkin adegan akhir kalah spektakuler dibandingkan dengan adegan di bandara.  Tapi saya setuju sekali dengan ending dari film ini.

Seperti biasa, ada dua adegan (after credit scene) yang pertama tidak terlalu lama, tapi yang kedua…lama banget nunggunya.  Sekali lagi salut buat Russo Brothers yang berhasil membuat film yang sebenarnya penuh karakter yang penuh sesak tapi bisa dibuat sedemikian nikmatnya untuk ditonton.  Jangan dilupakan juga penulis naskahnya Christopher Markus dan Stephen McFeely.  This is one of my favorite superhero movies. Of course.  Saya sengaja tidak kasih detil siapa aja superhero yang tampil. Sebenarnya pasti uda tahu dari trailernya hehehe.  Dan yang patut diperhatikan, hasil pendapatan box office filmnya Captain America yang selalu lebih besar tiap film.  Membuktikan bahwa Captain America pantas untuk naik pangkat hehehe.  Dan jelas film terakhir Captain America ini akan mempengaruhi cerita The Avengers berikutnya.

3 comments:

Bang Mupi said...

tes

Nonton Film 720p said...

mantab kang nih film,
mantab jg review nya

Download Allegiant (2016) Bluray

Bang Mupi said...

makasih bro, semoga situsnya bro rame yah :)