Friday, December 24, 2010

PREDATORS (2010)


Another movie tentang karakter yang satu ini, dan kalo gua bilang sudah mulai membosankan. Setelah muncul dalam Alien vs Predator yang sebenarnya bisa memberikan nilai lebih namun hanya menelurkan hasil yang biasa-biasa saja bahkan sekuelnya AVP : Requiem yang bahkan tidak bisa berbuat apa-apa. Kini karakter ini kembali bersolo karir lagi, berharap bisa lebih gegap gempita dengan ditambah huruf S di akhir judul sehingga menjadi plural. (alias lebih dari satu)


Setting tempat kembali ke hutan lebat. Tokoh utama diserahkan ke tangan Adrien Brody. Actually bikin gua penasaran apakah lebih menarik jika dimainkan oleh aktor watak Brody. Hasilnya, bagian awal cukup memberi kesan apalagi suara Brody sedikit dibuat lebih berat. Ditambah hasil analisanya yang cukup menarik. Setelah 30 menit lewat, film ini sudah kehilangan daya tariknya. Ide yang cukup jitu untuk tidak menampilkan wujud predator di awal film, cukup menghemat biaya. Nimrod Antal sang sutradara terjebak dengan film-film sejenis, yang pemeran utamanya selalu terpisah. So tipikal. Sebenarnya nama Robert Rodriguez sebagai produser cukup menjanjikan karena biasanya apa yang terjadi dalam karakter-karakter filmnya Rodriguez dan Tarantion sulit ditebak. Namun disini twist yang ada tidak cukup membuat kaget atau bahkan mungkin sudah tertebak.

Laurence Fishburne bermaksud menjadi unik apalagi dengan teman bayangannya, well sudah keduluan oleh Wilson-nya Tom Hanks di Cast Away. Sebagai cameo jelas Fishburne tidak memberikan arti apa-apa apalagi kalo dia dinyatakan sebagai pemeran pendukung, jelas mubazir.

Mungkin Nimrod bermaksud untuk membuat sedikit film Predator yang beda, mungkin terinspirasi oleh Fincher dalam Alien 3, dimana atmosfer film lebih bukan ke sisi aksi atau horror tapi ke aspek psikologinya. Namun menurut gua film ini tanggung banget, apalagi sesudah 30 menit pertama, jelas sudah hilang arah.

No comments: