Monday, December 20, 2010

THE SOCIAL NETWORK (2010)


Facebook sangat-sangat fenomenal. Hampir semua orang, baik tua dan muda sekarang punya account facebook. Gua juga punya. Dulu sempet bikin tapi hampir tidak pernah digunakan, tapi sekarang tiap connect ke internet pasti facebook-lah yang gua buka pertama kali. Luar biasa.
Berdasarkan buku yang berjudul Accidental Billionaires yang ditulis oleh Ben Mezrich, maka dibuatlah film oleh sutradara David Fincher, yang menceritakan Marc Zuckerberg (creator Facebook).



Di awal film, gua dibuat terkagum-kagum dengan gaya bicara Jesse Eisenberg yang cepat seakan-akan kantong udaranya ga pernah habis. Bahkan dialognya pun terdengar penuh kesinisan ditambah tatapan matanya yang ingin mengatakan kata-kata dari dalam hatinya yang seakan-akan bertentangan dengan apa yang keluar dari mulutnya. Satu poin yang bagus dalam film ini menurut gua. Andrew Garfield (pemeran reboot Spiderman yang lagi diproduksi) cukup bermain baik disini sebagai teman baiknya Zuckerberg yang bernama Eduardo Saverin. Menurut gua, tampaknya dia cocok juga bermain sebagai Peter Parker muda. Pemain lainnya yang cukup menarik perhatian adalah Justin Timberlake sebagai Sean Parker. At least, dia bisa keluar dari bayang-bayang seorang penyanyi. Mungkin ke depannya, Timberlake bisa lebih memerankan karakter yang lebih menguras kualitas aktingnya.


Alur cerita dibuat sedikit bolak-balik. Tidak memusingkan sebenarnya, hanya mungkin agak bingung timelinenya antara kasus dengan Eduardo dan kasus dengan Tyler dan Cameron Winklevoss (katanya pemeran dua karakter ini bukan kembar tapi yang satunya lagi memakai CGI agar wajahnya mirip). Tapi selebihnya cukup bisa dinikmati. Walaupun menurut gua, film ini tidak punya klimaks dan akhir film pun tidak dibuat tuntas. Sejujurnya dibandingkan dengan film Fincher yang sebelumnya The Curious Case of Benjamin Button (TCCOBB). Meskipun gua tidak terlalu suka dengan TCCOBB, gua lebih suka itu daripada The Social Network (TSN). Namun masih cukup menarik buat gua sebagai pengguna Facebook, untuk mengikuti sedikit proses awal terciptanya jejaring sosial ini. Yang menjadi titik utama dari Fincher adalah bukan secara teknis terciptanya Facebook tapi lebih ke sisi pertentangan batin dalam hati Zuckerberg dan alasan utama kenapa Zuckerberg membuat Facebook. Bahkan ini bukan kisah hidup Zuckerberg tapi hanya mengambil momen-momen penting sebelum dan sesudah era facebook tercipta.
Penulis naskah Aaron Sorkin dan Fincher did a good job dan tidak terjebak dengan kerumitan istilah informatika, yang bisa membuat penonton yang awam bingung. Tapi mereka berhasil membuat kesederhaan proses itu (meskipun memang tidak detil) tapi membuat penonton cukup mengerti sedikit proses IT.

Diantara semua filmnya Fincher, yang gua suka (sudah nonton) hanya The Game yang dimainkan oleh Michael Douglas dan Panic Room (Jodie Foster). Orang banyak bilang Fight Club bagus, tapi gua belum pernah nonton, jadi belum bisa kasih komentar. Fincher biasanya banyak bermain di visualisasi apalagi TCCOBB tapi disini tidak terlalu terasa.
Gua penasaran dengan Sorkin, liat di IMDB ternyata dia yang bikin cerita A Few Good Men, dimana menurut gua ini salah satu film terbaiknya Tom Cruise. Eisenberg, hahaha…sori bro, gua belum pernah nonton filmnya dia kecuali ini, tapi kalo kita liat daftarnya dia ada maen di The Village-nya Shyamalan. (nanti gua tonton lagi deh, dia jadi apa disana). Sama dengan Andrew, gua tidak pernah nonton filmnya dia, padahal dia juga maen bareng Cruise di Lions for Lambs. What, gua juga belum pernah nonton satupun filmnya Timberlake. Parah nih gua. Oh kecuali denger suaranya di Shrek The Third.


Perlu dicatat penampilan Joseph Mazello yang jadi temannya Zuckerberg. Mazello ini dulu yang maen jadi Tim di Jurassic Park-nya Spielberg.
Powered By Blogger