Thursday, December 9, 2010

THE ROCK (1996)


Sebenarnya gua suka semua film-filmnya Michael Bay. Tapi diantara sederetan film karya Bay yang memenuhi syarat dari segi komersil dan berbobot. The Rock lah yang menurut gua masuk kategori tersebut.

Ini adalah karya kedua Bay setelah besutan yang pertama (Bad Boys) cukup menarik perhatian moviegoers. Bisa dibilang waktu itu, sedikit sekali promosi film ini di Indonesia. Hampir semua tidak menyadari rilisnya film ini di Indonesia, termasuk gua (mungkin karena waktu itu, Bay belum setenar sekarang).


Dengan kerendahan hati, film ini berhasil membuat gua kagum. Betapa patriotisme gua muncul melihat adegan slow motion di awal film dengan iringan lagu dari Hans Zimmer yang terngiang-ngiang sampai sekarang. Gua bikin review ini juga sambil mendengarkan theme songnya.

Lalu kejar-kejaran antara Sean Connery dan Nicolas Cage di pusat kota cukup destructive dan menegangkan. Tapi di antara semua adegan, yang paling memikat gua adalah debat antara Morrison dengan Hummel di shower room dimana mereka saling berperang kata lalu...(tonton sendiri deh untuk menikmati “indahnya“ adegan ini)



Mengenai editing cepat dan dinamis memang sudah menjadi trademarknya Bay yang menurut gua membuat karya-karyanya memiliki cirikhas. Ditambah angle kamera yang berputar dengan karakter sebagai porosnya. Sedikit slow motion dan sekali lagi music score-nya Zimmer yang memorable. Bukan hanya itu saja, penampilan trio Connery, Cage dan Ed Harris yang menampilkan permainan akting mereka yang mantap. Tapi kalo disuruh milih siapa yang lebih unggul, gua pilih Harris untuk film ini. Btw, gua juga suka penampilan Michael Biehn disini, peran kecil tapi bawa efek “bagus” buat film.

Memang banyak film-film Bay yang lebih berjaya di box office, tapi tetap The Rock lah yang menurut gua yang sukses secara komersil dan mutu.

2 comments:

movienthusiast said...

film terbaik dari seorang michael bay

Bang Mupi said...

setuju bro :)