Thursday, December 18, 2008

CLEANER

Seorang pembersih TKP pembunuhan, Tom Cutler (Samuel L. Jackson) adalah seorang mantan polisi. Setelah istrinya meninggal karena dibunuh oleh orang yang merampok rumahnya. Tom pensiun dan kini tinggal berdua dengan anak perempuannya Rose Cutler (Keke Palmer). Tapi kejadian ganjil menimpanya ketika dia habis membersihkan crime scene di suatu rumah. Dan hal ini membawa dia ke suatu misteri hilangnya seorang pria, suami dari Ann Norcut (Eva Mendez). Hal ini diperumit oleh mantan partnernya dan sekaligus teman dekatnya, Eddie Lorenzo (Ed Harris). Karena Eddie meminta Tom untuk melupakan kejadian itu dan melanjutkan hidupnya. Bagaimana cara Tom menyelesaikan masalahnya? Sementara masa lalunya yang sedikit kelam membayanginya kembali.

COMMENT
Yang menarik perhatian adalah sang sutradara Renny Harlin yang dulu sukses menggarap film aksi Die Hard 2 dan Cliffhanger lalu film ikan hiu pemangsa, Deep Blue Sea. Kini menggarap thriller yang dibintangi oleh aktor watak Samuel L. Jackson dan Ed Harris. Sebelumnya Jackson pernah bekerja sama dengan Harlin dalam film Deep Blue Sea juga The Long Kiss Goodnight.

Tidak banyak yang bisa diharapkan dari film ini. Walaupun sebenarnya ide pekerjaan yang dilakukan oleh Jackson tergolong cukup unik. Jadi ingat filmnya Ewan McGregor yang berjudul Night Watch dimana dia memerankan karakter yang jarang difilmkan juga. Tapi ya semuanya serba tanggung. Dari segi misterinya hanya menyenangkan sampai pertengahan film. Dan ending terakhirnya pun tidak begitu menyentak. Permainan Jackson dan Harris pun tidak bisa berkembang mengingat kapasitas dari skenario yang tidak menunjang. Dan sangat sayang untuk Harlin yang kini namanya makin tenggelam meskipun sebenarnya film-filmnya tidak jelek. Yang cukup menarik adalah penampilan Keke Palmer sebagai anak Jackson yang sepintas wajahnya mirip aktris senior Angela Basset. Setelah bermain mengesankan dalam film Akeelah and The Bee bersama Laurence Fishburn, Keke berhasil menampilkan akting di atas standar dalam film ini.

Akhir kata, saya tidak terlalu merekomendasikan film ini. Tapi jika anda memang suka dengan film thriller yang tidak terlalu rumit, silakan menonton film produksi tahun 2007 ini. Please Renny, wake up and do better next time. Kita tunggu film Harlin berikutnya yang berjudul 12 rounds dengan bintang John Cena.

No comments: