Saturday, December 20, 2008

24 : REDEMPTION

Salah satu serial televisi yang dapat mencapai season 7 atau lebih, belum banyak. Dan salah satunya adalah serial 24 yang dimotori oleh Kiefer Sutherland. Banyak faktor yang mempengaruhi sebuah serial bisa bertahan selama itu. Contohnya : rangkaian cerita yang memikat atau ciri khas yang tidak dimiliki oleh serial lain. 24 patut diakui mempunyai suatu ciri khas yang sesuai dengan judulnya 24 hours. Semua kejadian terjadi dalam satu hari atau tepatnya 24 jam. Ditambah jalinan cerita yang ‘diusahakan’ tegang setiap saat dan kejutan-kejutan yang tidak disangka.

Kini setelah season 6 nya berakhir dan menuju Season 7, muncullah film 24: Redemption. Memang dibuat untuk televisi sebagai jembatan penghubung kedua musim tersebut. Diceritakan bahwa Jack Bauer (Kiefer Sutherland) sedang bersembunyi di Sangala, Afrika. Di sebuah sekolah Amerika yang dikelola oleh temannya, Carl Benton (Robert Carlyle). Tapi Jack tetap dikejar oleh Frank Trammell (Gil Bellows) karena Jack diberi surat untuk mempertanggungjawabkan perbuatan-perbuatannya yang dulu waktu di CTU.

Sementara itu di Sangala, Jendral Zuma (Tony Todd) sedang melakukan pemberontakan dan mendapat bantuan senjata dari seseorang misterius di Amerika yang diperankan oleh Jon Voight. Di tengah usaha pemberontakan Zuma, bawahannya Kolonel Dubaku (Hakeem Kae-Kazim) selalu mencari anak-anak Afrika untuk dilatih dan dijadikan tentara.

Ketika giliran sekolah yang dikelola Benton menjadi sasaran perekrutan. Dengan segala upaya Jack dan Denton berusaha untuk menyelamatkan anak-anak dan membawa mereka ke US embassy.

Teringat dulu Animatrix diciptakan oleh Wachowski bersaudara untuk menjembatani antara The Matrix dan The Matrix Reloaded. Ada 2 judul yang ternyata merupakan pendahuluan dari Reloaded. Karena cerita di dua film itu menerangkan apa yang terjadi di Reloaded. Mengikuti tradisi ini, 24 pun menggunakan sebuah film penghubung antara kedua seasonnya. Hal ini dilakukan untuk memberi penjelasan atau tambahan informasi kepada penonton tentang apa yang akan terjadi di season 7. Karena jika kita melihat trademark serial ini yang selalu terjadi dalam 24 jam maka sangat sulit jika ingin memasukan plot-plot yang terjadi di film ini kedalam serialnya.

Walaupun berupa film televisi tapi film ini mempunyai aspek-aspek yang cukup untuk membuat penonton mengikuti jalan cerita yang lebih universal , tidak berbeda jauh dengan film-film bioskop sejenis. Banyak aktor-aktor terkenal yang menjadi bagian dari film ini, seperti Jon Voight, Cherry Jones, Bob Gunton. Tapi yang paling menonjol adalah Robert Carlyle yang berperan sebagai mantan agen seperti Jack yang ingin menembus kesalahannya masa lalu. Dan satu lagi walaupun tampil sebentar adalah Gil Bellows yang tampil mengesankan sebagai pegawai kedutaan yang bersikeras agar Jack kembali ke Amerika.

Jika anda berencana menonton serial 24 season 7, anda harus menonton film ini dulu sehingga anda akan lebih mengerti plot yang akan hadir di season 7-nya. Tapi bagi yang bukan penggemar, film ini cukup menarik diikuti. Dan harus kita akui Jack Bauer sudah melekat dengan Kiefer Sutherland dan sangat sulit bagi dia untuk melepaskan image ini.

2 comments:

yusahrizal said...

Lam kenal. saya jg penggemar film walaupun bukan orang yg terlalu gemar nulis resensi.

Mau nanya kriteria penilaian. Biasanya kalau ngasih nilai 1-5, 5 adalah paling bagus, 2 film biasa aja dan 1 adalah film jelek. Ada beberapa film yg anda nilai 1/5. Apa itu filmnya jelek?

Walaupun penilaian orang berbeda2 tp saya respek koq sama penilaian bangmupi krn mungkin ada sisi yg saya tidak terlampau liat seperti Eagle Eye yang cuma saya kasih 2/5 doang alias film biasa aja.

Tuker link yah, saya duluan naroh alamat ini di blog saya

Bang Mupi said...

heloo, saya sekarang ganti style ah, ga mau ngasi nilai, silakan para penonton sendiri yang menilainya :)