Wednesday, September 3, 2008

THE MUMMY : TOMB OF THE DRAGON EMPEROR

Film diawali dengan Emperor Han (Jet Li) dibantu oleh Jendral kepercayaannya, Jendral Ming Guo (Russell Wong) yang ingin menguasai seluruh Cina. Selain itu Emperor Han ingin memiliki kehidupan abadi. Maka dari itu, dia mengutus Jendral Ming untuk mencari sumber keabadian itu. Jauh dari perkiraan, ternyata sumber keabadian itu seorang wanita bernama Zi Juan (Michelle Yeoh). Dia tidak memiliki ilmu keabadian, dia hanya tau tempat rahasia keabadian itu berada. Namun dalam perjalanan mencari kitab keabadian itu, terjalin asmara antara Jendral Ming dan Zi Juan. Hal ini membuat Emperor Han marah karena diam-diam dia juga menyukai Zi Juan. Tubuh Jendral Ming ditarik oleh empat kuda. Zi Juan marah lalu mengutuk Emperor Han dan seluruh pasukannya menjadi batu.

OXFORDSHIRE, ENGLAND 1946
Cerita beralih ke tokoh kita, Rick O’Connell yang sedang belajar memancing. Lalu istrinya Evelyn (Maria Bello) yang menjadi penulis cerita mummy. Mereka menjalani keseharian mereka dalam kebosanan.
NINGXIA PROVINCE, CHINA
Alex (Luke Ford) anak dari Rick sedang mencari makam kaisar. Ditemani Profesor Wilson, Alex berhasil menemukan makam kaisar. Ternyata di dalam makam tersebut ditemukan ratusan patung teracota. Setelah melewati banyak jebakan, Alex berhasil menemukan teracota sang kaisar. Namun ada di dalam makam itu ada seorang wanita yang menyerang Alex. Mereka bertarung sengit sebelum akhirnya Profesor Wilson berhasil menembaki wanita itu sehingga wanita itu kabur.
Kembali ke London, ada agen pemerintah yang meminta bantuan Rick dan Evelyn untuk mengantarkan sebuah benda yang dinamakan Eye of Shangrila ke negeri Cina. Dengan bersemangat, Rick dan Evelyn mengiyakan permohonan itu.

SHANGHAI, CHINA : CHINESE NEW YEAR
Evelyn bertemu kembali dengan kakaknya, Jonathan (John Hannah). Dan tidak disangka oleh Rick bahwa dia bertemu dengan Alex, yang disangkanya sedang kuliah. Terlihat hubungan yang tidak baik antara anak dengan ayah.




PARAMILITARY OUTPOST, WESTERN CHINA
Jendral Yang (Anthony Wong) dan asistennya memimpin pasukannya untuk membangkitkan Emperor Han untuk memerintah kembali negeri Cina.
Sementara itu, Rick dan Evelyn bersama Alex bertemu dengan Profesor Wilson untuk menyerahkan The Eye of Shangrila. Ternyata sang professor bekerja sama dengan Jendral Yang untuk membangkitkan sang Kaisar dengan The Eye of Shangrila. Terjadi kejar-kejaran seru di tengah kota antara Emperor Han yang sudah bangkit dengan Rick cs dibantu oleh Lin(Isabella Leong), wanita yang menyerang Alex di makam sebelumnya. Namun Emperor Han berhasil melepaskan diri dari kejaran.

Dari Lin, diketahui bahwa Emperor Han mencari Pool of Eternal Life untuk melenyapkan kutukannya. Maka dengan bantuan teman Rick, mereka menuju pegunungan Himalaya dengan pesawat terbang. Rick cs bertahan mati-matian melawan pasukan Jendral Yang. Berusaha mencegah Emperor Han untuk meletakkan The Eye of Shangrila pada sebuah menara yang dapat memberitahu letak dari Pool of Eternal Life. Walaupun sudah dibantu oleh para Yeti, rombongan Rick masih kalah malahan Rick terluka oleh Emperor Han.
Demi menolong Rick yang sekarat, Lin mengajak mereka ke ibunya, Zi Juan di gua Shangrila. Ternyata Emperor Han juga menuju ke sana dan masuk ke kolam immortality, berubah menjadi naga kepala tiga dan membawa Lin besertanya. Emperor Han yang immortal menjadi lebih sakti, dia ingin membangkitkan ribuan tentaranya untuk menguasai dunia.
Bagaimana cara Rick dan kawan-kawan menyelamatkan Lin dan membasmi Emperor Han beserta seluruh pasukannya?

COMMENT
Jet Li jadi penjahat lagi. Itulah yang terpikir ketika mendengar tentang film ini. Setelah Lethal Weapon 4, saya tidak menjadi aneh melihat Li berperan antagonis. Namun sayangnya, Rob Cohen tidak memanfaatkan kemampuan Li dan Yeoh di film ini. Hampir bisa dikatakan Li dan Yeoh hanya tampil sebentar dalam film ini dan tidak ada adegan perkelahian yang spektakuler yang dilakukan Li maupun Yeoh. Sangat disayangkan.

Di episode ketiga ini, yang bermain kembali adalah Brendan Fraser dan John Hannah. Penampilan mereka tidak berbeda dibandingkan film-film sebelumnya. Cukup menghibur. Mengenai Rachel Weisz yang tidak bermain lagi di film ketiga ini sangat disayangkan juga. Sekarang perannya digantikan oleh Maria Bello. Banyak yang menganggap permainan Bello tidak bisa dibandingkan dengan Weisz. Ada juga yang mengatakan tidak ada chemistry antara Bello dan Fraser. Pendapat orang-orang berbeda. Saya sih tidak terganggu oleh penggantian peran ini. Terus yang agak sedikit mengganggu adalah Luke Ford yang berperan sebagai Alex, kok kelihatannya seperti adik kakak dengan Fraser bukannya ayah dan anak. Isabella Leong bermain cukup manis. Seperti biasa Anthony Wong tidak bermain jelek. Sedangkan Russell Wong yang pernah menjadi musuh Li dalam Romeo Must Die, hanya bermain sebentar di awal film dan akhir film.



Rob Cohen yang pernah sukses menggarap XXX dan The Fast and The Furious menggantikan Stephen Sommers sebagai sutradara. Seperti saya bilang di atas, harusnya Cohen bisa memanfaatkan keahlian bela diri Li dan Yeoh untuk membuat film yang ketiga ini menjadi berbeda dari yang sebelumnya. Namun hal itu tidak terlaksana. Duel antara Rick dan Emperor Han terlihat biasa-biasa saja. Malah lebih seru waktu Fraser bertarung dengan The Rock di Mummy Returns. Juga dengan adegan kejar-kejaran di tengah kota Shanghai. Saya melihat adegan ini masih kalah dengan kejar-kejaran bis bertingkat dengan mumi-mumi di kota London dalam Mummy Returns. Yang menang dari film ini adalah special effectnya yang terlihat lebih canggih dari dua film sebelumnya. Nothing more. Saya juga kecewa dengan adegan pertarungan di akhir film. Tidak ada gregetnya. Pertarungannya terasa hambar. Sangat disayangkan dengan bujet $145 juta, harusnya Cohen bisa berbuat lebih banyak. Jangan hanya mengumbar special effect tanpa membuat adegan-adegan yang berarti bagi penonton.

Akhir kata, BEST SCENE dalam film ini adalah pertarungan di kuil antara Rick versus tentara Jendral Yang, dimana Lin harus meminta bantuan para yeti. Dan untuk adegan ini, saya memberikan satu bintang dari lima untuk film ini. SOON AFTER MUMMIES WERE FOUND IN PERU…I don’t think so, I hope it’s only a gossip.

No comments: