Wednesday, September 17, 2008

HELLBOY 2 : THE GOLDEN ARMY

CHRISTMAS EVE, 1955

Hellboy muda diceritakan oleh ayah angkatnya, Professor Bruttenholm (John Hurt) tentang legenda The Golden Army. Dengan mahkotanya sebagai alat pengontrol The Golden Army, King Balor memerintahkan pasukannya yang tak bisa dihancurkan itu untuk membantai umat manusia. Namun King Balor menyesal dengan pembantaian tersebut. Ketika King Balor berdamai dengan umat manusia, King Balor membagi mahkotanya menjadi tiga bagian. Salah satunya diserahkan kepada manusia. Putranya, Princess Nuada tidak setuju dengan perdamaian tersebut dan memutuskan untuk mengasingkan diri dan berjanji akan kembali bila rakyatnya membutuhkannya kembali.
PRESENT DAY
Sebuah pelelangan, yang ternyata melelang bagian dari mahkota King Balor, diserang oleh Princess Nuada (Luke Gross). Nuada dibantu oleh temannya Mr. Wink menyerang pelelangan tersebut. Lalu Nuada melepaskan segerombolan ‘Tooth Fairies’ untuk membinasakan semua pengunjung pelelangan.
Dikantor B.P.R.D (Bureau for Paranormal Research and Defense), Agen Tom Manning (Jeffrey Tambor) sedang marah-marah karena ulah Hellboy yang berkeliaran di luar. Karena seharusnya B.P.R.D bersifat rahasia. Manning memanggil Abe Sapien (Doug Jones) untuk membahas hal ini. Kemudian di waktu yang sama, Hellboy (Ron Perlman) terpental menembus pintu besi karena kemarahan yang ditimbulkan oleh Liz (Selma Blair). Akhir-akhir ini, Hellboy dan Liz memang sering bertengkar.
Tim mereka dipanggil untuk meneliti peristiwa di sebuah tempat pelelangan. Disini Abe menemukan dua kotak yang disegel oleh tanda kerajaan. Tooth Fairies yang masih bersembunyi di balik dinding, menyerang mereka. Dengan kekuatan api dari Liz, yang meledakkan tempat lelang tersebut, Hellboy terpental keluar. Para wartawan yang sedang berkerumun diluar tentu saja tidak melewatkan kesempatan ini untuk mewawancarai Hellboy.
Cerita beralih ke Nuada yang menemui ayahnya untuk berperang melawan umat manusia lagi. Namun ditolak oleh King Balor. Melihat kelemahan ayahnya, Nuada bertarung dengan pengawal ayahnya lalu membunuh King Balor. Nuala, saudara kembar Nuada ternyata mempunyai ‘hubungan’ dengan Nuada. Apabila salah satu terluka maka yang lainpun ikut terluka. Ketika Nuada sudah mengambil bagian mahkota dari ayahnya. Nuala mengambil kesempatan untuk melarikan diri.
Sementara itu di kantor BPRD, muncul supervisor baru bernama Johan Krauss. Krauss adalah makhluk seperti robot yang digerakkan oleh energi ectoplasmic (berbentuk asap putih). Dengan kemampuannya meneliti salah satu tooth fairy, diketahuilah bahwa tooth fairy berasal dari Troll Market. Tempat berkumpulnya makhluk-makhluk aneh. Ketika Hellboy dan Abe menyelidiki tempat ini, tanpa sengaja Abe melihat Nuala dan mengikutinya. Dan tanpa disangka pula Nuada mengikuti Nuala. Disinilah Hellboy bertarung dengan Mr. Wink. Lalu Nuada mengeluarkan biji kecil berwarna hijau, dilepaskannya di tengah kota. Ternyata berubah menjadi monster raksasa bertentakel. Terjadilah pertarungan dahsyat antara Hellboy dengan monster hijau ini. Sambil bertarung, Hellboy terpaksa memangku seorang bayi yang mobilnya dihancurkan oleh monster itu.
Namun setelah pertarungan dahsyat melawan monster hijau itu, bukannya berterima kasih, para manusia malahan memaki Hellboy sebagai orang aneh. Hal ini membuat shock Hellboy dan Liz. Di kantor BPRD, Liz memutuskan pergi untuk berpikir. Abe pun lagi jatuh cinta dengan Nuala. Namun karena mempunyai ‘hubungan’ dengan Nuala, Nuada pun tahu bahwa Nuala sedang berada di kantor BPRD. Nuada menyerang kantor BPRD dan melukai Hellboy dengan meninggalkan potongan tombaknya di dada Hellboy. Sedangkan Nuada berhasil membawa pergi Nuala.
Abe menemukan potongan mahkota yang ditinggalkan oleh Nuada. Dengan cetakan peta yang ada, BPRD berhasil menemukan letak The Golden Army. Liz dan Abe berusaha membawa Hellboy yang sedang terluka berat ke sana. Namun rencana mereka diketahui oleh Krauss yang ternyata malah ikut membantu mereka. Apakah Nuada berhasil membangunkan The Golden Army (pasukan yang tidak terhancurkan)? Apakah Hellboy berhasil sembuh dari lukanya? Lalu bagaimana dengan Liz yang sedang mengandung anaknya Hellboy? Juga bagaimana cara membunuh Nuada sedangkan Nuada mempunyai ‘hubungan’ dengan Putri Nuala? Bagaimana dengan hubungan cinta antara Abe dengan Nuala?

COMMENT
Saya menonton film ini dengan semangat tinggi. Saya suka karya Guillermo Del Toro seperti Blade 2 dan Pan’s Labyrinth. Sutradara dengan gaya visual yang tinggi. Namun sejam pertama, terasa membosankan. Malahan seakan-akan seperti nonton film Men in Black dengan penampilan monster-monster yang aneh bentuknya. Apalagi awal film dibuat dalam bentuk animasi. Unik memang tapi malah membuat poin minus untuk film ini. Kenapa tidak dibuat dalam bentuk live action, sehingga kita bisa tahu kehebatan dan keganasan dari The Golden Army. Film mulai menarik ketika Hellboy bertarung melawan monster hijau bertentakel. Sebuah suguhan aksi yang memukau. Spektakuler. Lalu film kembali melemah sampai pada ending film. Dimana seharusnya ending film bisa dibuat lebih hebat lagi.
Jadi secara keseluruhan, film ini mengecewakan. Entah apa yang ada di pikiran Del Toro. Seakan-akan dia masih terpengaruh dengan Pan’s Labyrinth yang penuh dengan monster-monster aneh. Dan hal itu dibawanya ke dalam film ini. Hubungan antara Hellboy dan Liz pun tidak dibuat mendalam begitu juga hubungan antara Abe dan Nuala. Apalagi The Golden Army, kita tidak diperlihatkan bagaimana kekuatan, kehebatan dan keganasan mereka seakan-akan mereka tidak memegang peranan penting dalam film ini. Akting para pemain pun tidak ada yang istimewa. Semuanya berakting standar.
Well, sebenarnya saya ingin memberi bintang lebih untuk film garapan Del Toro ini. Namun dengan berat hati saya hanya bisa memberi satu bintang untuk adegan terbaik dalam film ini yaitu adegan pertarungan di tengah kota dengan monster hijau bertentakel. Saya harap Del Toro bisa berbuat lebih baik dalam film berikutnya, The Hobbit.

No comments: