Saturday, June 25, 2011

HEREAFTER (2010)



Yang sudah lama menjadi penggemar film, tentu tahu siapa itu Clint Eastwood. Jaman bokap gua, Eastwood salah satu aktor yang filmnya selalu ditunggu. Don’t ask me, gua tidak terlalu mengenal film-film jadulnya Opa Eastwood. Film dia yang gua tonton pertama kali adalah kalo ga salah A Perfect World. Kebetulan dia menjabat sutradara juga di film itu. Namun alasan gua nonton film itu karena ada Kevin Costner bukan karena faktor film ini besutan Eastwood. It turns out A Perfect World sangat asik untuk ditonton. Jika sudah sering menonton filmnya Eastwood (terutama yang dimainkannya), dia selalu melempar humor-humor khasnya, yang menurut gua sangat kocak. Tapi tidak untuk film ini. Ini film serius






Diantara deretan aktor yang beralih fungsi jadi sutradara, Eastwood termasuk yang unggul. Dapet piala Oscar lewat garapannya Unforgiven dan selanjutnya film-filmnya selalu mendapat pujian, paling tidak nominasi di ajang Academy Award atau Golden Globe.


Kini film terbarunya Eastwood mencoba mengungkap tema yang belum pernah digarap oleh Eastwood. Tentang Hereafter (kehidupan setelah kematian). Adegan awal, luar biasa mengguncangkan dan spektakuler secara bersamaan. Nendangnya lebih dapet daripada ombak raksasa di film Korean Haundae. Sisanya drama banget. Jadi jangan keburu senang dulu melihat adegan awal yang luar biasa.


Dibagi tiga karakter yang terpisah oleh jarak dan tentu saja cerita dibagi menjadi 3. Benang merahnya mungkin sudah bisa ditebak dari awal oleh para penonton. Bahkan endingnya barangkali sudah bisa dikira-kira. Ide tentang cerita yang dibagi beberapa segmen lalu ada benang merahnya mungkin sudah tidak asing lagi. Bukan hal baru bagi para penggemar film. Buat gua film ini agak sedikit datar di tengah-tengah (membosankan) karena alurnya yang lambat. Padahal sebenarnya gua menyukai film dengan penuturan seperti ini, tapi untuk Hereafter, gua menilai kurang pas karena jadi kurang gregetnya.



Untunglah gua terkesan dengan penampilan Matt Damon dan chemistry-nya dengan Bryce Dallas Howard. I like their performance. Bintang-bintang lainnya sih hampir gua ga tau kecuali Jay Mohr.


Bujet film dengan durasi 129 menit ini adalah 50 juta dolar dan sudah menghasilkan 105 juta dolar di seluruh dunia. Sekedar tambahan film ini mendapat nominasi Oscar untuk Best Achievement in Visual Effects. Akhir kata, film Eastwood yang ini mungkin bukan masterpiecenya tapi tetap tidak bisa dibilang jelek.

No comments:

Powered By Blogger