Friday, August 27, 2010

THE EXPENDABLES (2010)

Who doesn’t know Slyvester Stallone? Who doesn’t know Jet Li? Kini mungkin semua penggemr film tahu siapa itu Jason Statham? Tapi apakah ada yang tau Dolph Lundgren ? nah yang ini mungkin tidak semua orang tau.


Sempat terpuruk beberapa lama, sekarang Stallone mampu bangkit perlahan-lahan. Secara ˝bergerilya˝, Stallone mendaki naik lagi, tidak sampai ke puncak sih tapi at least tetap exist di Hollywood. Keep up the good work, Stallone.

Sebuah ide untuk menyatukan sebagian aktor laga, baik yang karirnya masih bertahan atau yang sudah hampir di ujung tanduk dalam satu film, mungkin bisa dikatakan impian semua moviegoers penggemar film aksi. Dan Stallone dapat dikatakan berhasil mewujudkan impian tersebut. Film dengan jejeran bintang aksi seperti empat aktor diatas, ditambah Mickey Rourke, Eric Roberts, Bruce Willis (cameo), Arnold Schwarzeneeger (cameo juga).

Namun diantara semua, perhatian gua tertuju pada Stallone, bukan pada performancenya disini tapi lebih kepada jerih payahnya di belakang layar sebagai sang sutradara (Dia pun ikut menulis screenplay). Menurut gua, dia berhasil ‘ mengolah ‘ sebuah film yang mungkin cukup memuaskan sebagian besar penonton (paling tidak mereka tidak kecewa dengan film ini). Lagipula dia tidak terlalu membuat dirinya terlalu ‘super hero’ di film ini.

Satu lagi yang membuat gua tertarik adalah penampilan Statham disini. Menurut gua, dialah bintang dari semuanya. Memang tipikal, tapi entah kenapa disini Statham terlihat pas sekali bahkan menonjol dibandingkan semuanya. Mungkin karena karakternya diberi cerita subplot diluar cerita utama. Cipratan darah yang akibat pisau Statham pun cukup berarti walaupun tidak sedramatis pisau di V for Vendetta.


Mengenai pemeran lainnya, jelas hanya menambah ‘meriah’nya film ini dan mungkin ingin memperluas range jenis penonton. Li pun bisa dibilang sangat tidak menonjol (adegan fightingnya pun biasa saja). Jelas sekali memasukan Li adalah taktik untuk menarik penonton dari Asia. Hope it works, Sly. Mungkin hampir semuanya juga tidak menonjol. Sekali lagi, ini filmnya Statham. Kharismanya terlihat sekali.

Film ini bisa dibilang murni film aksi, hanya sedikit tempelan CGI. Mungkin anda sedikit bosan dengan pameran CGI dalam film-film keluaran Hollywood akhir-akhir ini. Namun jika dibandingkan dengan tim protagonis, dapat dibilang tim antagonisnya terlalu lemah, sehingga tidak terlihat seimbang. Padahal hal ini bisa ditingkatkan untuk meningkatkan intensitas film.

Jika anda ingin film aksi, inilah salah satu kandidatnya. Andai film ini tidak dibintangi oleh para bintang, mungkin film ini bisa terlewatkan begitu saja atau bahkan tidak main di bioskop Indonesia. Jadi beruntunglah The Expendables ditaburi oleh begitu banyak bintang aksi terkenal. Mungkin memang film ini hanya sekedar mengenang memori dimana dulu para jagoan aksi masih ‘bertaring’ dalam kancah perfilman Hollywood.

3 comments:

Budi Cahyono said...

Sepakat Om, eh Bang, ada beberapa memang yang tak kukenal dari jajaran pemainnya :)

Oh ya sekedar info, Blog SindicuterTV akan pensiun n pindah alamat di www.budisukafilm.com

Budi Cahyono said...

Maap ralat, maksud saya di www.budisukafilm.blogspot.com

Bang Mupi said...

thanks bro. Nanti gua ganti linknya. :D