Monday, May 10, 2010

WHILE YOU WERE SLEEPING (1995)

Genre : Drama - Komedi
Directed by : Jon Turteltaub
Produced by : Roger Birnbaum, Joe Roth
Starring : Sandra Bullock, Bill Pullman, Peter Gallagher, Peter Boyle, Jack Warden
Written by : David G. Sullivan, Fredric LeBow
Music by : Randy Edelman, Diane Warren
Cinematography : Phedon Papamichael Jr.
Edited by : Bruce Green
Running time : 103 minutes
Budget : US$ 18 millions
Distributed by : HOLLYWOOD PICTURES


Who knows the movie called The Vanishing (1992) yang dibintangi oleh Kiefer Sutherland? Or maybe ada yang tau film Love Potion No. 9 (1993)? Ah kalo yang ini mungkin pada tau, film Demolition Man? Kalo tau, mungkin dikarenakan pemainnya adalah Slyvester Stallone. Gua ganti deh pertanyaannya, tau film Speed? Gua yakin pasti pada tau semua. Semua yang gua sebutkan diatas adalah film dimana Sandra Bullock berperan, dan iya setelah Speed lah namanya menjulang naik. Begitu pula dengan Keanu Reeves.


Lewat film ini, Sandra pun makin mengukuhkan namanya di kancah Hollywood. Gimana tidak, dengan bujet US$ 18 juta bisa menghasilkan US$ 182 juta di seluruh dunia (di Amrik US$ 81 juta). Sebenarnya gua uda nonton film ini dulu, tapi penilaian gua hanya di atas rata-rata, tapi kemaren gua nonton lagi dan it turned out to be a very sweet movie. (did I say very sweet?) yeah, I am not ashamed to admit it. Because film ini memang bercerita dengan manis sekali. Sandra pun bermain manis sekali disini. Senyumnya, tatapan matanya, gerak geriknya bahkan tutur katanya. Jelas dia berhasil memesonakan penonton. Sebuah cerita yang simple tapi diramu dengan sangat tepat oleh sang director, Jon Turteltaub. Dialog-dialognya yang lucu, situasi-situasi yang menggemaskan dan yang pasti tidak membosankan untuk ditonton berkali-kali. Ditambah beberapa music score yang sangat mendukung.

Jon mungkin dikenal sekarang sebagai sutradara film dwilogi National Treasure. Sebenarnya gua menyukai dua film Jon yang lain Phenomenon (John Travolta) dan The Kid (Bruce Willis), tapi ntar gua tonton lagi ah, siapa tau persepsinya berbeda kalo nonton lagi. Tapi disini, Jon berhasil membuat penonton (gua) terkesima dengan ringannya adegan demi adegan mengalir, menariknya hubungan antara para karakter. Tawa, gemas dan haru bercampur jadi satu. Tidak banyak film drama romantis seperti ini apalagi jika dibandingkan dengan film-film baru yang mungkin ide ceritanya sudah semakin sulit dijaga keasliannya. Ditambah iringan musik yang selalu membantu menekankan keadaan film apakah lagi gembira, lucu, mengharukan atau lagi jatuh cinta.


Pasangan main Sandra adalah Bill Pullman. Disini dia bermain manis juga. Buset semuanya gua sebut manis. Bahkan tidak bisa dipungkiri, penulis review ini pun orang yang manis (halah…) Kembali ke Bill, kelak dia akan bermain gemilang di Independence Day sebagai Presidan Amerika. Gua suka penampilan simpatik Bill di ID4, bahkan pidatonya menjelang invasi merupakan salah satu momen yang sangat menginspirasi. Sayang bintang terangnya redup setelah ID4. Tidak ada filmnya yang benar-benar memorable. Sori, gua ketinggalan, sebelum ID4, Bill pernah bermain bagus juga di Casper.

Jadi saran gua, bagi seluruh teman-teman yang mengaku orang romantis, tontonlah film ini. Karena jujur ini film romantis banget. Chemistry antara Bill dan Sandra yang terlihat kikuk malah menambah nilai film ini. Dan hebatnya masing-masing karakter membantu keutuhan film ini. Mereka berperan seakan-akan bukan sedang berakting.


Gua membahas film ini dalam rangka menyambut Hari Valentine yang masih 9 bulan lagi (masih jauh kaleee). Penuhilah hari-hari kita dengan kasih sayang. Jika anda sudah punya keluarga, hargailah keluarga anda. This is a movie about family values. Please watch it. :D

6 comments:

Fariz Razi said...

wah saya juga suka sama film ini!

Bang Mupi said...

nice bro. Kita memang orang yang "manis" hehehe...

MJ (MyMovie Critic) said...

Wah, ini salah satu film rom-com favorite gw sepanjang masa, Bang Mupi, hehe... This movie is indeed very sweet. Loved it.

Bang Mupi said...

@MJ : setuju sekali. very sweet movie. Dulu waktu nonton pertama kali kok kayaknya biasa aja, tapi sekarang jadi bagus deh.

kreshnahary said...

bener bgt tuh bang, dulu waktu nonton filmnya terasa biasa skrg pas ditonton lg jd berasa bgt maniiisnya..
endingnya keren waktu ada yg nanya ke sandra bullock "kapan lo ketemu dia?" dan jawabannya "while you were sleeping"

mampir-mampir bang ke blogku..makasih..

Bang Mupi said...

@kreshnahary : setuju. :D

Nanti gua pasti mampir. :)