Sunday, May 30, 2010

LETHAL WEAPON (1987)

Genre : Drama - Romantis
Directed by : Richard Donner
Produced by : Richard Donner, Joel Silver
Starring : Danny Glover, Mel Gibson, Gary Busey
Written by : Shane Black
Music by : Michael Kamen, Eric Clapton, David Sanborn
Cinematography : Stephen Goldblatt
Edited by : Stuart Baird
Running time : 110 minutes
Budget : US$ 15 millions
Distributed by : WARNER BROS


Lethal Weapon bisa dikatakan awal masuknya Mel Gibson di kancah Hollywood, walaupun sebenarnya orang sudah mengenal dia lewat film Mad Max. Masih muda, jika dibandingkan dengan dalam Edge of Darkness (jauhlah...). Begitu juga Danny Glover dibandingkan dalam 2012. Musuh abadi mereka memang waktu. Seperti yang mereka katakan di Lethal Weapon 3. Karena gua belum pernah nonton film ini sedangkan gua uda nonton film lainnya. Jadi disinilah gua baru mengerti kenapa judulnya Lethal Weapon.

Film tentang polisi yang urakan, berani mati dan ugal-ugalan sangat menarik pada jaman itu seperti Dirty Harry. Mungkin sekarang ini bukan masanya lagi. Jadi waktu gua nonton ini, kebetulan gua belum pernah nonton film perdananya ini, kalo sekuel-sekuelnya gua uda nonton. Gua terbawa oleh rasa kangen akan karakter seperti ini dan terbawa ke dalam cerita. Ditambah, latar belakang Riggs memberikan alasan perangainya seperti itu. Beruntunglah hatinya baik.

Mungkin karena bosan dengan alur cerita pada film-film masa kini, gua puas dengan film ini. Bayangkan film ini dibuat 23 tahun yang lalu, tapi bukan berarti gua tidak terpuaskan. Malahan ada perasaan aneh di benak gua. Perasaan apa itu, biarlah gua simpan sendiri (gayanya...) Untungnya film ini tidak menggunakan CGI sehingga gua tidak mengalami kemunduran tehnologi perfilman. Tapi patut diacungi jempol untuk stunt actionnya.

Sebagai sutradara, Richard Donner yang sebelumnya cukup piawai menggarap Superman the movie beserta spesial efeknya, berhasil “membumi“ dengan film ini. Memang jika dibandingkan dengan sekuel-sekuelnya yang lebih menonjolkan adegan aksinya dan unsur komedinya lebih banyak. Tapi disini unsur dramanya memang sama-sama menonjol. Sebuah film pertama yang berhasil menurut gua. Memiliki dasar yang kuat untuk para lanjutannya. Donner memang pantas untuk menyutradarai keempat film Lethal Weapon.

Gibson dan Glover pun tetap bermain apik sampai jilid empatnya. Bahkan nanti muncul karakter-karakter baru yang menambah suasana “hiruk pikuk“ franchine film ini. Bisa dikatakan juga inilah film yang lebih mengangkat nama Gibson di kancah Hollywood. Mungkinkah akan ada seri ke-5nya? Kita tunggu saja.

Penulis cerita Shane Black, cukup piawai dalam menggabungkan dua karakter berbeda dalam satu film lalu meneruskannya hingga beberapa seri. Walaupun yang seri terakhirnya terselamatkan berkat penampilan Jet Li (menurut gua). Satu hal lagi yang jadi perhatian gua bahwa editor film ini Stuart Baird adalah orang yang nantinya menyutradarai Executive Decision dan U.S. Marshalls. Jangan lupakan juga sang produser Joel Silver, yang kelak menjadi produser The Matrix Trilogy.

Sebagai referensi saja. Lethal Weapon menghasilkan US$ 120 juta di seluruh dunia (di Amrik US$ 65 juta) modalnya US$ 15 juta. Lethal Weapon 2 memperoleh US$ 227 juta (di Amrik US$ 147 juta). Lethal Weapon 3 mendapatkan US$ 321 juta (di Amrik US$ 144 juta) dengan bujet US$ 35 juta. Film terakhirnya mengantongi US$ 285 juta (di Amrik US$ 130 juta) dengan dana yang lebih besar US$ 140 juta.

No comments:

Powered By Blogger