Monday, October 17, 2011

CARS 2 (2011)


Gua sedikit khawatir akhir-akhir ini. Kebanyakan komen gua tentang sebuah film, tidak sesuai dengan selera orang banyak. Gua bilang jelek, banyak yang bilang bagus. Gua bilang bagus, lebih banyak lagi yang bilang jelek. Tapi memang belakangan ini, gua jarang terpuaskan oleh sebuah film. Mungkin contoh film yang membuat hati gua terpuaskan baru-baru ini adalah Fast Five. Thor masih cukup menarik perhatian gua, tapi tidak sekuat Fast Five. Namun seperti yang gua bilang, masih banyak film-film yang belum gua tonton, jadi daftar top ten list favorit versi gua tahun ini, masih banyak yang kosong.

Begitupun dengan film ini, sekuel dari produksi Pixar yang berjudul Cars. Yang terus terang, film pendahulunya masuk jajaran film Pixar favorit gua karena endingnya pas buat gua. Terpikat oleh sikap si Lightning McQueen. Sekali lagi banyak orang bilang kalo Cars film yang kurang bagus dari Pixar. Kini sekuelnya, cukup menarik sebenarnya di bagian awal karena banyak ‘inovasi’ kehidupan manusia yang dipraktekan dalam kehidupan mobil. Ditambah cerita yang menjurus ke arah spionase (versi anak-anak) dan pergantian dominasi karakter, kini McQueen bisa dibilang sebagai peran pembantu karena Mater (si mobil derek) yang menjadi pelaku utamanya. Kelucuan mungkin sama kadarnya, hanya yang pasti, background pemandangannya yang luar biasa di sekuel Cars ini, berasa realistis sekali. Nice job. Namun kelemahannya di bagian akhir, yang membuat gua sedikit kurang sreg. Tidak ada nilai kemanusiaan yang membuat gua trenyuh. Sayang sekali. Nilai persahabatan pun tidak terlihat secara nyata hanya penonton sendiri yang menilai betapa dekatnya hubungan McQueen dengan Mater (menurut pendapat gua yah)

Dibandingkan dengan Toy Story 3, entah kenapa gua merasa sekuel Cars ini dibuat secara terburu-buru. Hingga esensi dari Toy Story 3 lebih gua dapet. Memang Cars 2 ini, gua akui lebih bagus dari Cars yang pertama, secara tehnik maksudnya dan ceritanya lebih berkembang. Tapi anehnya untuk menjadi favorit gua, film ini masih belum bisa mengalahkan pendahulunya.

Gua belum liat imdb. Tapi gua tebak-tebak aja nih, si agen rahasia itu pasti diisi suara oleh Michael Caine, suaranya khas banget dan menurut gua cocok sekali dengan mobilnya (maksud gua perannya disitu). Owen Wilson masih jadi pengisi suara McQueen. Dan sekali lagi karakternya tenggelam oleh Mater, temannya. sehingga perlu “diderek” oleh mobil derek rongsokan.

Patut diacungi jempol Pixar berani berubah haluan dengan mengganti karakter utama di film pertama dan menjadikan sahabatnya menjadi lebih dominan. Sedikit melenceng dari pakem yang ada. Tapi Pixar sudah berhasil mengukir nama besar di kancah perfilman, sehingga “sejelek” apapun filmnya, pasti tetap akan mengeruk keuntungan yang besar dari peredaran di seluruh dunia. Untuk film sejenis Cars 2, yang menurut gua tidak maksimal dan tidak optimal, sudah meraup 551 juta dolar di seluruh dunia.

No comments:

Powered By Blogger