Tuesday, July 19, 2011

THE KING'S SPEECH (2010)




Colin Firth, bisa dibilang filmnya dia yang pernah gua tonton hanya Nanny McPhee dan Mamma Mia!. Jadi bisa dibilang, I barely know this actor. Nah kalo lawan maennya Geoffrey Rush, sama aja, I barely know this actor (hehehe…) only filmnya yang gua tahu adalah Pirates of The Carribean. Curse of The Black Pearl, tampil sekilas di Dead Man’s Chest dan muncul lagi di At The World’s End. Dan tampaknya dia tampil lagi di On Stranger Tides.




Colin Firth sangat sukses mempraktekan kegagapan King George VI, gerakan mulutnya, urat-urat di pelipisnya, bahkan ketegangan di lehernya. Sangat pantas dia diganjar Oscar untuk perannya ini. Namun film ini tidak akan menarik tanpa “pertarungan” antara King George dan Logue. Rush sebagai Logue pun bermain cukup bagus (mungkin kalah sedikit dibandingkan Firth) namun gua pribadi lebih menyukai karakter Logue. Karena dialah film ini menjadi lebih hidup. Lebih asik untuk dinikmati.


Film rendah hati ini berhasil membuat gua terpaku sepanjang hampir 1 jam lebih. Bersimpati kepada George, tertawa karena Logue. Bahkan adegan akhir cukup menegangkan tanpa perlu adanya adegan aksi yang seru.


Tom Hooper sang sutradara berhasil membuat film yang sederhana dengan cerita yang sederhana juga menjadi sebuah film sederhana yang enak untuk ditonton. Tidak ada angle kamera yang unik bahkan kebanyakan adegan diambil di dalam ruangan, tidak ada iringan musik yang berlebihan, bahkan tone film ini bisa dibilang tidak terlalu cerah. Setting dimana Perang Dunia terjadi membuat sedikit konflik tapi tidak berarti banyak karena memang fokus film bukan ke arah sana. Tapi lebih kepada perjuangan George melawan kegagapannya. And remember no villain in this movie. Musuh terbesar adalah dari diri sendiri. But don’t worry, sangat mengasyikan nonton film ini. Kalo boleh dibandingkan dengan Social Network, gua jelas lebih suka film ini.

No comments: