Friday, April 29, 2011

TRON LEGACY (2010)





Dulu waktu jamannya TVRI ada serial yang jagoannya pake baju yang ada kayak ada lampu-lampunya warna biru. Dulu sering gua tungguin nih sampe malem dan akhirnya ga kesampean karena keburu ketiduran. Kan dulu gua masih imut kayak upin dan ipin (apa hubungannya), jadi belum terbiasa bobo malem-malem. Tapi gua selalu inget nih serial karena hanya sempet nonton beberapa kali, judul serialnya AUTOMAN.





Melihat berita-berita tentang TRON apalagi liat cuplikan dan gambar-gambarnya. Impian masa kecil gua yang jarang terpenuhi itu kembali menggelora (gaya bahasanya mantap). Baca-baca infonya ternyata ini adalah remake dari versi 80an. Kebetulan pemainnya pun sama, Jeff Bridges. Lihatlah keajaiban Hollywood lagi dalam menampilkan wajah muda aktor-aktris mereka. Setelah gua terpesona oleh Brad Pitt dan Cate Blanchett dalam The Curious Case of Benjamin Button.



Memang kenangan gua merasuki hati gua kembali (jiwa puitis gua lagi muncul nih), melihat jagoan neon beraksi dalam dunia TRON yang penuh dengan cahaya lampu (jangan khawatir ga ada tulisan PHILIPS di pakaian mereka, apalagi ada 5 watt atau 10 watt). Hanya ada satu kebingungan gua tentang permainan Frisbee neon dan tarung motor mereka, peraturannya yang tidak jelas bagaimana musuh mereka bisa hancur. Ada satu lelucon tentang tongkatnya yang membuat gua tertawa terpingkal-pingkal (sedikit berhubungan dengan Star Wars)



Gua belum nonton versi jadul, tapi jika gua bayangkan waktu itu tentu saja film ini bisa menjadi pusat perhatian moviegoers, namun jika dilihat dari canggihnya Hollywood masa kini, jelas film ini terlihat biasa saja. Yang paling menarik dari film ini adalah music scorenya yang keren, denger-denger Daft Punk yang berdiri di belakangnya. Gua suka Daft Punk, futuristik sekaligus jadul (kalo liat-liat video klip-video klip mereka pasti mengerti maksud gua).



Cerita cukup sederhana tapi makna ceritanya menurut gua dalem. Apalagi ada istilah kreator segala. Itu faktor lain yang membuat gua suka film ini. Mengenai akting jangan terlalu dipikirkan. Dan bisa dibilang dahaga gua waktu kecil sedikit terbayarkan menonton film ini meskipun tidak puas banget.




Bujet cukup besar 170 juta dolar namun sudah menghasilkan 398 juta di seluruh dunia. Lumayan untuk debut pertamanya sang sutradara Joseph Kosinski dan kabarnya dia pun akan segera membuat remake dari The Black Hole. Mengenai Sam Flynn yang diperankan oleh Garrett Hedlund, pantesan wajahnya terasa ga asing tapi gua ga inget dia pernah maen film apa. Ternyata dia pernah maen di Troy, Four Brothers dan Eragon.

2 comments:

yusahrizal said...

Tron Legacy khan bukan remake Tron jadul melainkan sequel (bayangkan, jarang2 ada sequel dibuat setelah puluhan tahun).
Soal Automan, katanya sih emang nyomot ide dari Tron. Spy nggak dibilang nyontek, Executive Producer Tron di rekrut buat jadi produser Automan. Ada2 aja taktik bisnis bikin film :D

Bang Mupi said...

Oh bukan remake toh, tapi kok ceritanya seperti dari awal yah. :)
thanks buat koreksinya bro.