Wednesday, November 10, 2010

INDEPENDENCE DAY (1996)


Ini contoh salah satu film yang gua tonton dua kali di bioskop dalam dua hari berturut-turut malah. Gua sangat terkesan sekali dengan film yang menurut gua lengkap (ada dramanya, aksinya, haru, patriotik, segala macam ada).

Betapa luar biasa sekali, penampakan piring terbang raksasa pertama kali di layar yang begitu membawa aroma ketakutan yang mencekam. Tidak perlu menampilkan sosok alien untuk menakuti penonton. Visual efek luar biasa yang ditawarkan oleh Roland Emmerich dan Dean Devlin (waktu itu mereka masih bekerja sama). Film yang benar-benar dikemas dengan tidak berlebihan walaupun mungkin banyak yang bertanya-tanya apakah software alien bisa dirasuki oleh software yang digunakan penduduk bumi.

Setelah sukses dengan Universal Soldier (Jean Claude Van Damme), lalu Stargate (Kurt Russell). Emmerich dan Devlin memberikan atmosfer baru tentang alien lewat film ini bahkan Spielberg pun kagum dengan kreasi mereka. Film yang masih sulit ditandingi sampai sekarang padahal Independence Day (ID4) diproduksi 14 tahun lalu.


Mungkin bintang utama film ini adalah UFO super raksasa yang menyerang bumi. Tapi bisa dibilang lewat film ini nama Will Smith naek ke angkasa. Walaupun perannya disini masih harus berbagi dengan Jeff Goldblum dan Bill Pullman. Siapa yang tidak akah terinspirasi oleh pidatonya Pullman sebagai presiden Amerika Serikat. Salah satu pidato yang paling memorable sepanjang sejarah perfilman Hollywood. Hehehe lebay ga yah. Diantara mereka bertiga, memang hanya Smith yang masih terus exist di puncak.



Lihatlah pencapaian ID4, bujet hanya 75 juta dolar tapi meraup 817 juta dolar di seluruh dunia. Percayalah durasi film yang panjang (153 menit) tidak akan membuat anda kebosanan. Jangan dilihat tahun produksi film ini, tapi pencapaian visual efeknya masih spektakuler untuk ukuran jaman sekarang dan memang layak diganjar Oscar untuk Best Visual Effects.
Sangat disayangkan duet Emmerich-Devlin harus bubar setelah mereka membuat Godzilla dan Patriot pasca ID4. Beruntunglah Emmerich masih bertahan dengan 10.000 BC, The Day After Tomorrow dan 2012. Sekuel ID4 yang dulu digembar-gemborkan pun kini tidak kunjung dibuat.

Seakan-akan melepas image film Alien sebagai film horor layaknya James Cameron merubah nuansa alien lewat sekuelnya Aliens. Emmerich-Devlin tidak terpaku pada sosok alien untuk menakuti penonton, melainkan dia menanamkan benih ketakutan universal lewat adegan-adegan yang bahkan tidak mengekspos fisik dari sang alien. It works. (at least for me). Ditambah banyaknya variasi karakter/tokoh yang memang selalu menjadi favorit gua.
Kerinduan akan film sejenis ID4, War of The World mungkin akan sedikit terbayarkan lewat film baru yang akan rilis sebentar lagi Skyline. (mudah-mudahan tidak bikin gua kecewa)

2 comments:

semuareview said...

aku suka film invasi alien. dan ini yang membuat aku suka film ini, walaupun mendapat banyak review buruk.
sayangnya roland emmerich udah kayak michael bay, buat porn movies (disaster-porn) dengan special efek yang membuat muak yang meninggalkan logika cerita. kapan ya duo ini bersatu kembali sehingga kita bisa disuguhi film seperti ID4 yang cukup menghibur?
btw SKYLINE banyak dapat review buruk tuh...

Bang Mupi said...

tapi kayaknya gua tetap nonton deh Skyline bro :)