Thursday, October 2, 2008

DEATH RACE

2012
Ekonomi Amerika hancur, penjara diatur oleh swasta dan mengadakan Death Race yang ditonton oleh rakyat Amerika lewat internet dengan membayar sejumlah uang. Seorang mantan pembalap, Jensen Ames (Jason Statham) dituduh membunuh istrinya dan dijebloskan ke penjara yang dipimpin oleh Hennessey (Joan Allen). Agar bisa keluar dari penjara, Jensen harus ikut balapan maut dan menyamar sebagai Frankenstein, pembalap bertopeng.

Di penjara Jensen berteman dengan seseorang yang akrab dipanggil Coach (Ian McShane). Dialah kepala montir yang bertanggung jawab atas mobil yang dikendarai oleh Jensen. Pada saat berlomba muncul seorang co-driver seksi yang bernama Case (Natalie Martinez) yang ikut membantu Jensen dalam perlombaan. Juga ada Machine Gun Joe (Tyrese Gibson) yang menjadi saingan berat Jensen.
Selama di penjara, Jensen mulai menyadari dan mengetahui siapa pembunuh istrinya dan siapa dalang sesungguhnya. Namun Jensen pun mau tidak mau harus mengikuti perlombaan demi untuk bertemu kembali anaknya yang masih bayi. Bagaimana cara Jensen lolos dari semua ini? Sedangkan satu demi satu, peserta lomba tewas mengenaskan dalam Death Race.

COMMENT
Paul W.S Anderson. Saya suka dengan sutradara ini sejak Event Horizon walaupun sebelumnya dia menyutradarai film Mortal Kombat. (pemeran Liu Kang dalam Mortal Kombat, Robin Shou bermain sebagai salah satu pembalap 14K). Kemudian karya Anderson berikutnya, Soldier (Kurt Russell), Resident Evil (Milla Jovovich) dan Alien vs Predator. Gaya penyutradaraan Anderson, cepat, singkat dan padat. Tidak bertele-tele. Tapi hal ini kadang menyebabkan kurangnya pendalaman karakter masing-masing tokoh.

Pemeran utama film ini Jason Statham. Seperti biasa aktingnya, cool dan tidak banyak omong. Tapi disini (mungkin karena editing suaranya yang menggelegar), adegan perkelahiannya terlihat mantap dan keras malahan bisa dibilang brutal. Tapi sayangnya walaupun sering banyak main, tapi hampir semua filmnya tidak mencapai box office yang memuaskan kecuali Italian Job (itupun karena main keroyokan bareng Mark Wahlberg, Charlize Theron dan Edward Norton). Joan Allen dan Tyrese Gibson pun tidak menampilkan performance yang istimewa, biasa saja. Well yang perlu dicatat adalah penampilan Natalie Martinez sebagai Case. Wow…kita tunggu saja penampilan berikut dia berikutnya.

Mengenai adegan balapnya, hmm tidak ada sesuatu yang inovatif. Yang ada hanya terkesan brutal, keras dan penuh darah. Masih kalah jauh dengan adegan kejar-kejaran mobilnya Michael Bay. Well akhir kata, saya hanya kasih satu bintang dari lima untuk film ini. Bintang itu saya bagi untuk Jason, Anderson dan Natalie (for no reason actually). Dan nasehat untuk Anderson dan Jason, coba bikin film atau maen film yang berbujet rendah. Pasti bisa lebih menguntungkan. Sedikit catatan, film ini berbujet $45 juta dan baru menghasilkan sekitar $35 juta di Amerika.

No comments: