Friday, December 14, 2007

TRANSFORMER


Film dimulai dengan suara Optimus Prime menceritakan bagaimana awal mulanya perang di planet asal mereka dan tentang Cube yang terlempar ke bumi. Awal film ini mengingatkan dengan prolog film Armageddon.

Qatar, present day. Kita dikenalkan pada sekelompok tentara Amerika yang dipimpin oleh Kapten Lennox dan seorang lagi bernama Epps. Tiba-tiba markas mereka diserang helikopter(Blackout) yang berubah menjadi sebuah robot. Ternyata robot tersebut ingin mengincar file di database militer. Lennox dan teman-temannya berhasil lolos. Tanpa mereka sadari, dari robot helikopter itu keluar robot yang bisa masuk ke dalam pasir.

Kemudian cerita beralih ke Amerika. Kita dikenalkan pada tokoh yang lain. Sam Witwicky dan Mikaela. Sam sedang melakukan presentasi tentang kakek buyutnya yang bernama Archibald, yang melakukan pelayaran ke kutub utara. Usai sekolah, Sam dijemput ayahnya untuk membeli sebuah mobil bekas. Pilihan Sam jatuh pada sebuah mobil bekas berwarna kuning. Patut dicatat,Bernie Mac tampil cameo sebagai penjual mobil bekas, Bobby B.

Di Washington DC, Menteri Pertahanan, John Keller, mengumpulkan analisis sinyal. Mereka dikumpulkan dengan tujuan untuk menganalisa gelombang suara yang sempat mereka tangkap ketika markas tentara di Qatar diserang.
Cerita beralih ke Sam, dimana Mikaela menumpang mobil kuning Sam dan hubungan mereka sedikit lebih akrab. Kemudian cerita beralih lagi ke Air Force One, dimana sebuah robot kecil (Frenzy) yang bertransformasi menjadi tape compo, berhasil menghacker data militer dari Air Force One. Beruntung berkat Rachel dan tim-nya yang dikumpulkan oleh Keller berhasil mendeteksi hal tersebut. Namun Frenzy itu berhasil mengambil sebagian data yang merujuk kepada Kakek buyut Sam, Archilbald dan kacamatanya yang dilelang di eBay oleh Sam. Setelah turun dari Air Force One, Frenzy itu bergabung dengan robot mobil polisi (Barricade) dan mencari Sam.

Di malam hari, Sam terbangun ketika mendapati mobilnya bergerak pergi. Sam mengira ada pencuri yang mengambilnya dan mengikuti kemana mobil itu pergi. Sam melihat bahwa mobilnya berubah menjadi robot dan memberi sinyal ke luar angkasa.

Maggie merasa ada sesuatu yang aneh dengan kejadian di Air Force One. Dia memberitahukan pemikirannya tentang organisme hidup canggih yang bisa menghacker komputer di Air Force One. Tapi pendapatnya tidak diterima oleh petinggi Pentagon dan Keller. Maggie yang merasa penasaran dengan sinyal tersebut, nekad mengkopi rekaman sinyal tersebut. Dia berniat memberikan kepada temannya, Glen seorang hacker kelas wahid. Sebelum mereka tertangkap oleh pihak yang berwenang. Maggie dan Glen tersebut berhasil menganalisa arti dari sinyal misterius itu.

Qatar. Lennox, Eeps dan sisa pasukan yang masih hidup, diserang oleh robot kalajengking yang bisa masuk ke dalam pasir. Namun beruntung mereka dekat dengan sebuah kota sehingga bisa meminjam telepon untuk menghubungi pentagon. Setelah diserang bertubi-tubi oleh pasukan udara Amerika, robot tersebut tidak mati dan masih bisa melarikan diri masuk ke dalam pasir. Disini ada beberapa adegan khas Bay, seperti Lennox dan Eeps dishoot dari bawah namun biasanya dengan angle memutar tapi tidak kali ini, hanya ada dua kapal tempur yang melesat di atas mereka seperti dalam Armageddon dimana Bruce Willis dan Liv Tyler berpelukan sementara beberapa helikopter melesat di atas mereka.

Cerita beralih lagi ke Sam. Di siang hari bolong, Sam melihat bahwa mobil kuningnya kembali lagi sendiri ke rumah. Sam merasa takut dan pergi mengendarai sepeda tapi diikuti oleh mobilnya. Secara kebetulan bertemu dengan Mikaela namun Sam terus bersepeda. Mikaela pun ikut mengejar Sam. Ternyata bukan Mikaela dan mobilnya yang mengejar Sam tapi Barricade pun mengejarnya. Disangka polisi oleh Sam, Sam mengadu kepada Barricade tersebut sebelum mobil tersebut berubah menjadi robot dan mencercanya dengan pertanyaan tentang kacamata buyutnya. Untung Sam berhasil lari dan mengajak pergi Mikaela dengan ditolong oleh mobil kuning Sam.

Nah disinilah adegan yang dinanti-nanti. Setelah adegan kejar-kejaran antar mobil. Mobil kuning Sam berubah menjadi robot BumbleBee dan bertarung dengan Barricade itu. Dan ternyata Sam dan Mikaela pun dikejar oleh robot kecil yang menghacker Air Force One. Pertarungan kali ini dimenangkan oleh BumbleBee dan robot kecil berhasil dipotong oleh Mikaela sebelum berubah menjadi handphone Mikaela.

Sam dan Mikaela dibawa ke suatu tempat oleh BumbleBee. Kemudian mereka melihat empat buah meteor yang jatuh di sekitar mereka. Ternyata itu bukan meteor melainkan teman seperjuangan BumbleBee yang dipanggil lewat sinyal yang dikirimkan ke angkasa luar. (Sekali lagi Bay seakan-akan mengulang adegan dalam film Armageddon ketika meteor-meteor jatuh di New York) . Disinilah Sam dan Mikaela dikenalkan dengan pemimpin Autobots Optimus Prime dan anak buahnya yang lain, Jazz, Ironhide dan Ratchet. Dengan bantuan kacamata buyut Sam, mereka berharap dapat menemukan Cube sebelum pihak musuh, Decepticons yang dipimpin oleh Megatron, berhasil menemukannya.

Ketika diinvestigasi oleh FBI, Maggie dan Glen memberitahukan tentang apa yang mereka dapatkan dari sinyal misterius itu. Tentang Witwicky, Project Iceman dan Sektor Seven. Cerita beralih ke Sam, Mikaela dan para Autobots yang hendak mengambil kacamata di rumah Sam. Sebenarnya adegan-adegan yang terjadi di sini sangat tidak perlu. Terutama tingkah laku ‘kocak’ para Autobots yang seakan-akan bermain petak umpet dengan orang tua Sam.
Karena informasi yang didapat dari Maggie dan Glen, Sektor Seven mendatangi rumah Sam untuk mencari apapun yang berhubungan dengan alien. Hal ini menyebabkan seluruh keluarga Sam dan Mikaela ditangkap. Ditengah perjalanan, Optimus Prime cs menghadang. Namun karena prinsip mereka yang tidak ingin menyerang kaum manusia, menyebabkan BumbleBee ditangkap.
Ketika semua sarana telekomunikasi terputus, seseorang bernama Tom yang mengaku berasal dari sektor seven mendatangi Keller dan memberitahukan sebuah rahasia. Lalu Keller membebaskan Maggie dan Glen, juga mengajak Sam, Mikaela, Lennox, Eeps untuk mendatangi sebuah fasilitas di bawah sebuah bendungan besar. Disinilah tersimpan Megatron yang dibekukan. Megatron, ketua dari kelompok Decepticons. Megatron lah yang ditemukan oleh kakek buyut Sam. Dan ternyata Cube pun selama ini disimpan oleh sektor seven. Semua Decepticons datang karena mendapat sinyal dari robot kecil yang menyamar jadi handphone Mikaela.
Demi menyelamatkan Cube, Sam dan semua yang ada di fasilitas itu bekerja sama bahu membahu. Klimaks film ini terjadi di sebuah kota tidak jauh dari bendungan itu. Autobots melawan Decepticons dan Lennox beserta teman-temannya yang mati-matian berusaha menyelamatkan Cube agar tidak jatuh ke tangan Megatron. Sam pun dengan gagah berani memegang Cube sambil menghindar dari serangan para Decepticons. Celakanya BumbleBee terluka berat dan Jazz terpisah dua ditarik oleh Megatron.


COMMENT:
Sebenarnya film ini dalam bayangan Bang Mupi adalah film paling seru tahun ini. Siapa sih yang tidak kenal Michael Bay? Dari Bad Boys, The Rock, Armageddon, Pearl Harbor, Bad Boys II dan sedikit gagal di The Island (tapi filmnya sendiri tidak jelek), kita sudah mengenal Bay. Tapi mungkin harapan Bang Mupi terlalu tinggi sehingga Bang Mupi agak sedikit kecewa dengan film ini. Harusnya adegan pertarungan antar robot di kota menjadi bagian yang paling keren. Namun karena adegannya terlalu cepat malahan kita tidak tahu apa yang dilakukan robot-robot itu. Keren sih keren cuma harusnya adegannya jangan dibikin terlalu cepat sehingga mengurangi keseruan film itu sendiri (seperti kasus dengan Bourne Supremacy). Menurut Bang Mupi adegan yang bagus adalah adegan dimana Optimus menghadang mobil derek yang berubah menjadi robot Bone Crusher. Mereka jatuh dari jembatan layang terus Optimus memukul Bone Crusher (slow motion) lalu Optimus mengeluarkan pedangnya (lagi-lagi slow motion), menikam kepala Bone Crusher dengan pedang. Wow keren seperti ninja yang sedang bertarung. Nah harusnya semua adegan dibuat jangan terlalu cepat sehingga penonton tahu apa yang dilakukan robot-robot itu. Tapi selain adegan-adegan cepat, Bay pun menciptakan adegan yang mengharukan ketika BumbleBee ditangkap oleh Sektor Seven. Juga banyak adegan-adegan kocak diselipkan ditengah-tengah adegan yang lain. Hanya satu yang mengganggu, adegan petak umpet antara Autobots dengan orang tua Sam, yang menurut Bang Mupi agak terlalu dipaksakan.
Karakter utama film ini, Sam diperankan oleh Shia Labeouf. Shia pernah bermain dalam I,Robot bersama Will Smith. Juga dalam Constantine, Shia menjadi asistennya Keanu Reeves. Kabarnya proyek Shia berikutnya adalah Indiana Jones 4, main bareng Harrison Ford.
Mikaela diperankan oleh Megan Fox. Terus yang berperan jadi Maggie adalah Rachael Taylor. Kalo yang berperan sebagai Glen adalah Anthony Anderson. Anthony sudah banyak bermain film. Diantaranya main film bareng Jet Li dalam Romeo Must Die, Cradle to The Grave, pernah juga bermain bersama Steven Seagal dalam Exit Wounds. Jon Voight berperan sebagai Menteri Pertahanan , John Keller. Jon pernah bekerja sama dengan Bay dalam film Pearl Harbour. Kapten Lennox diperankan oleh Josh Duhamel dari serial Las Vegas. Kalo Eeps dimainkan oleh Tyrese Gibson. Tyrese bermain bersama Paul Walker dalam Too Fast Too Furious dan bareng Mark Walhberg dalam Four Brothers.
Tapi menurut Bang Mupi, yang bakal terkenal dari antara semuanya adalah Shia Labeouf dan Megan Fox, Josh Duhamel dan mungkin Rachael Taylor. Tapi terutama Megan Fox, namanya pasti bakal terangkat setelah memerankan Mikaela di film ini.
Akhir kata secara keseluruhan film Transformer termasuk film di atas rata-rata. Dan kemungkinan film ini bakal menjadi film terlaris kedua tahun ini setelah Spiderman 3. Dan kemungkinan satu lagi tapi belum pasti, bakal ada sekuel dari Transformer. Karena di akhir film, Star Scream yang bisa berubah jadi pesawat tempur masih hidup dan pergi meninggalkan bumi.

No comments: