Wednesday, December 26, 2007

FANTASTIC FOUR : RISE OF SILVER SURFER


Film dimulai dengan meledaknya sebuah planet. Kemudian melesat sebuah benda berwarna putih dari planet tersebut menuju bumi. ketika melewati jepang, benda itu membuat laut membeku, di Mesir benda itu menyebabkan salju, di Los Angeles listrik padam.

Namun perkawinan Reed Richard (Mr. Fantastic) dan Susan Storm (Invisible Woman) tidak kalah hebohnya dengan peristiwa-peristiwa tersebut. Tapi sayangnya di Latveria, kedatangan benda itu membuat Dr. Doom, musuh lama Fantastic Four terbangun.

Ditengah pesta bujangan Mr. Fantastic, Jendral Hager menemui Fantastic Four. Dia memberitahukan tentang sebuah benda putih yang tertangkap satelit yang menyebabkan fenomena-fenomena ganjil tersebut. Dan Jendral Hager meminta Reed untuk membuatkannya sebuah sistem pertahanan untuk mendeteksi kedatangan benda tersebut. Namun pada saat itu ditolak Reed dengan alasan ingin fokus pada pernikahannya.

Ditengah-tengah pernikahan, benda putih itu datang ke New York, membuat semua alat elktronik mati. Sebuah helikopter yang sedang meliput perkawinan jatuh dan memporak porandakan tamu. Johnny Storm (Human Torch) mengejar benda itu namun Johnny berhasil dibuat pingsan.

Akibat bersentuhan dengan Silver Surfer, molekul badan Johnny tidak stabil. Bila dia bersentuhan dengan anggota Fantastic Four yang lain dapat menyebabkan kekuatan mereka saling bertukar.

Menurut perhitungan Reed, Silver Surfer akan muncul di London. Kawah yang ditimbulkan Silver menyebabkan Kincir raksasa The Eye lepas dari tempatnya. Hampir saja usaha menyelamatkan orang-orang di kincir tersebut gagal karena Johnny bersentuhan dengan Reed. Dan Silver berhasil kabur dan meninggalkan sungai yang beku dan kawah besar di London.

Setelah kejadian itu, Jendral Hager menganggap Fantastic Four gagal dan meminta Dr. Doom untuk membantu mereka. Mula-mula mereka menolak tapi Dr.Doom punya teori bahwa kekuatan Silver Surfer berasal dari papan selancarnya.

Dengan alat ciptaan Reed, Silver Surfer berhasil ditangkap dan papannya berhasil diamankan. Ternyata Silver Surfer merupakan budak Galactus, penghancur dunia. Papan selancar silver memberikan sinyal ke galactus untuk datang dan menghancurkan bumi. Namun dengan kata-kata Susan dan dengan bantuan Fantastic Four yang menyelamatkan silver dari laboratorium AD, silver berganti haluan dan berniat menolong bumi. Tapi kabar buruk karena Dr. Doom mencuri papan selancar silver.

Bagaimana cara Fantastic Four menyelamatkan bumi dari Galactus dan bagaimana mereka melawan Dr. Doom yang bertambah kuat karena memiliki papan selancar silver? Dan keadaan semakin buruk ketika Susan tewas saat menahan serangan Dr. Doom.

COMMENT :

Dibandingkan film pertama, spesial efek dalam film ini lebih bagus namun menurut bang mupi film kedua ini tidak seseru film pertamanya. Kita tidak melihat The Thing bertarung dengan Dr. Doom. Kita hanya melihat Fantastic Four menahan benda jatuh seperti helikopter atau kincir raksasa. Selebihnya hanya pameran spesial efek tanpa adegan-adegan yang seru. Tapi dibandingkan film pertamanya, humornya lebih terasa segar disini. Hanya sayang bujet $130 juta disia-siakan hanya untuk spesial efek yang tidak dibarengi adegan pertarungan seru antara Fantastic four dengan Silver Surfer atau dengan Dr. Doom. Seharusnya Tim Story sang sutradara bisa membuat adegan-adegan pertarungan spektakuler dengan bujet sebesar itu.

Ioan Gruffurd melanjutkan perannya sebagai Mr. Fantastic. Ioan Gruffurd pernah bermain sebagai Lancelot dalam King Arthur bersama Clive Owen. Jessica Alba berperan sebagai Susan Storm. Menurut Bang Mupi, Alba tidak bermain sebagus di film pertamanya. Malah Chris Evans yang bermain sebagai Johnny Storm yang lebih berperan disini. Begitupun Ben Grimm yang diperankan oleh Jonathan Chicklis seakan-akan hanya sebagai pelengkap dan tidak berbuat banyak di film ini selain hanya mengangkat dan menahan benda yang jatuh. Kerry Washington yang berperan sebagai Lucy mendapat adegan sedikit lebih banyak dari yang pertama. Pengisi suara Silver Surfer adalah Laurence Fishburn, yang bermain sebagai Morpheus dalm trilogi Matrix dan juga bermain bersama Tom Cruise dalam Mission Impossible 3.

Jadi menurut Bang Mupi Fantastic Four 2 tidak terlalu heboh malahan bisa dibilang biasa-biasa saja dan tidak sebagus film pendahulunya. Tapi sebagai film, cukup menghibur dengan selipan-selipan humor di sepanjang film. Dari lima bintang, Bang mupi memberikan 2 bintang. Bintang pertama karena spesial efeknya lebih baik dari yg pertama dan bintang kedua karena filmnya cukup menghibur dengan selingan humornya yang bisa dibilang cerdas.

1 comment:

mitora in life said...

maaf baru sempat mampir :)

wah, penggemar film juga ya? hehehe, sering2 aja ngereview...