Monday, December 3, 2007

DIE HARD 4.0

DIE HARD 4.0

Mula-mula film dimulai dengan ledakan di rumah seorang hacker karena dia menekan tombol delete di keyboardnya. Lalu film beralih ke adegan McClane mengintai anak perempuannya yang sedang berpacaran. Disini diperlihatkan bahwa anaknya yang bernama Lucy, mengaku bahwa nama belakangnya adalah Generro mengikuti nama ibunya bukan McClane, sangat tidak bersimpati terhadap ayahnya.

Kemudian diceritakan bahwa di Departemen Cyber FBI, semua komputernya terkena virus. Pimpinan Departemen Cyber FBI, Bowman memerintahkan untuk menangkap semua hacker yang ada untuk menjelaskan hal ini. Nah McClane ditugaskan untuk membawa Matthew Foster ke markas FBI. Ternyata bukan tugas yang mudah, ada beberapa teroris yang akan membunuh Foster. Lewat pertikaian seru, McClane berhasil menyelamatkan Foster dan melarikan diri dengan mobil. Disini ada adegan menarik dimana seorang terorisnya melompat turun ke bawah dengan lincah mengikuti gaya Jackie Chan.
Dalam perjalanan membawa Foster ke markas FBI, teroris Thomas Gabriel memulai aksi terornya yang pertama. Dia membuat kacau semua lampu lalu lintas sehingga terjadi kemacetan total. McClane dan Foster terpaksa harus jalan kaki ke markas FBI. Hebatnya dengan kecanggihan komputer, Thomas bisa tahu lokasi McClane. Ketika McClane sedang mengantar Foster ke Dephankam, mobilnya dihadang oleh helikopter teroris dan harus menghindar masuk terowongan. Disini terjadi lagi adegan seru. McClane sengaja menabrak pipa air sehingga airnya muncrat ke atas dan mengenai penembak di helikopter sehingga penembak itu terjatuh dari helikopter. Ada adegan McClane dan Foster hampir tertimpa mobil. Lalu McClane menabrakkan mobilnya ke sebuah tumpuan sehingga mobilnya menabrak helikopter sehingga helikopternya meledak.

Dengan perhitungan Foster, yang ternyata tepat. Menurut dia, teroris pasti akan melakukan download di sebuah pembangkit listrik dan gas. Maka McClane dan Foster pergi ke tempat tersebut yang terletak di West Virginia. Disini ternyata ada Mai, pacar dari Thomas yang sedang mendownload sesuatu. Terjadi lagi sebuah perkelahian seru. Ternyata Mai seorang jago kungfu. McClane harus jatuh bangun melawan Mai bahkan sempat terjatuh dari gedung bertingkat. Tentu saja dia tidak mati karena judul filmnya Die Hard. Dengan mengendarai sebuah mobil, McClane naik lagi ke gedung tersebut, menabrak segala sesuatu sehingga sampai di lokasi Mai berada dan langsung menabrak Mai sehingga mobil mereka sampai bergelantungan di lorong lift. Di gedung ini, McClane menghubungi Bowman dan mengirimkan gambar sang teroris. Ternyata Bowman mengetahui siapa jati diri sang teroris. Ternyata Thomas Gabriel adalah mantan pekerja pemerintah yang merasa tidak dihargai dan ingin memberi pelajaran kepada pemerintah Amerika


Aksi teroris yang ketiga adalah pemadaman total. Hal ini membuat Foster merasa harus menemui temannya, Warlock. Lewat Warlock, McClane mengetahui tujuan sebenarnya dari Thomas, yaitu gedung Woodlawn. Tempat menyimpan semua data keuangan Amerika.
Namun sialnya, Thomas mengetahui McClane berada di tempa Warlock. Thomas mengancam akan menangkap Lucy.

Kini McClane mengincar Thomas demi menyelamatkan putrinya dibantu oleh Foster. Di gedung Woodlawn, Foster baru menyadari bahwa karyanya digunakan untuk membuka akses data ke Woodlawn. Namun akhirnya Foster ikut tertangkap. Sebelum tertangkap, Foster berhasil memberitahu Bowman bahwa Thomas berada di Woodlawn.

Thomas membawa pergi Lucy dan Foster. McClane berhasil mengambil alih truk gandeng yang selama ini menjadi markas bergerak Thomas. Namun dengan pintarnya Thomas berhasil mengecoh pilot pesawat tempur untuk menyerang truk yang dikendarai McClane. Di jalan layang, McClane harus berusaha mati-matian menyelamatkan diri dari serangan bertubi-tubi pesawat tempur.
McClane bergelantungan ketika truk gandengnya ditembaki oleh pesawat tempur

Klimaksnya, di sebuah gudang tua, McClane harus menembak dirinya sendiri demi menyelamatkan Lucy dan Foster.

COMMENT
Menurut Bang Mupi inilah film terbaik dari semua seri Die Hard. Dengan semua adegan aksinya yang spektakuler, Len Wiseman sang sutradara berhasil membawa aksi Die Hard ke tingkat yang lebih tinggi. Bang Mupi sudah melihat kemampuan Len Wiseman dalam dwilogi Underworld. Dalam kedua film itu, Wiseman berhasil memaksimalkan bujet yang ada sehingga menghasilkan karya di atas rata-rata. Dan itu terbukti lewat Die Hard 4.0, dengan bujet yang lebih besar, kira-kira 110 juta dolar, Wiseman bisa membuat film yang spektakuler. Sebelumnya Bang Mupi tidak terlalu berharap banyak dari film ini tapi setelah menontonnya, Bang Mupi memilih film ini sebagai salah satu film terbaik tahun ini. Menurut Bang Mupi, pasti pihak Fox akan melanjutkan aksi McClane di masa yang akan datang. Dan Bang Mupi pun berharap banyak akan karya Wiseman yang akan datang.

Sebagai pemeran McClane, Bruce Willis sudah tampil baik seperti biasanya. Menurut Bang Mupi yang tampil menarik di sini adalah Maggie Q sebagai Mai dan Mary Elizabeth Winstead sebagai Lucy McClane atau Lucy Generro. Maggie Q sebelum ini bermain bersama Tom Cruise dalam Mission Impossible 3 dan Mary Elizabeth Winstead bermain dalam film Sky High dan Final Destiantion 3. Bang Mupi yakin, karir mereka akan lebih cemerlang setelah bermain dalam film ini. Tentang Justin Long, pemeran Matthew Foster, Bang Mupi tidak melihat sesuatu yang istimewa dalam film ini. Coba Justin bermain dalam satu film bagus lagi di masa yang akan datang, mungkin namanya akan makin berkibar. Tentang Timothy Olyphant yang bermain sebagai Thomas Gabriel, Bang Mupi belum bisa memastikan, kita lihat dulu apakah filmnya yang diambil dari game, Hitman berhasil merajai box office. Kalo berhasil, nah mungkin Timothy baru bisa unjuk gigi di Hollywood.

Sekarang bagian favoritnya Bang Mupi. Best scenes menurut Bang Mupi. Pertama adegan mobil terbang menabrak helikopter. Kedua waktu McClane bertarung dengan Mai di mobil yang bergantung di lorong lift. Yang terakhir waktu McClane diserang oleh pesawat tempur di jalan layang. Sebenarnya akhir film ini tidak terlalu seru tapi Bang Mupi sudah puas dengan aksi-aksi seru yang sudah disuguhkan sebelumnya.

No comments: