Monday, November 7, 2011

TRANSFORMERS : DARK OF THE MOON (2011)



Sukses dengan franchise Transformers 1 dan 2, Michael Bay dan Steven Spielberg kembali merilis jilid yang ketiga. Dari film perdananya mendapat 709 juta dolar di seluruh dunia dengan bujet 150 juta dolar. Lanjutannya pun tidak kalah fantastis penghasilannya 836 juta dolar dari seluruh dunia.

Film pertamanya berhasil menggaet banyak penggemar baru, diluar fans berat robot-robot keluaran Hasbro. Dan akhirnya banyak yang dikecewakan oleh film keduanya yang (ampun deh) ga jelas arahnya mau kemana. Namun banyak orang (termasuk gua) menjadi sedikit antusias melihat trailer dari film ketiganya, yang menurut gua mempunyai magnet yang cukup besar seperti trailer film pertama. Gedung bertingkat yang perlahan-lahan roboh miring cukup membuat hati ingin menonton.

Jika anda sudah kadung cinta dengan tokoh Mikaela atau anda nonton Transformers karena faktor Megan Fox, mungkin anda akan patah hati karena di jilid ketiganya ini tidak ada lagi karakter Mikaela. Digantikan oleh karakter baru yang dimainkan oleh Rosie Huntington-Whiteley yang berperan sebagai kekasih Sam yang baru. Haruskah karakter Sam ada kekasih, lebih baik karakter Mikaela dimatikan di awal film, terus Sam hidup men-jomblo sampe tua karena cinta sejatinya hanya untuk Mikaela. Lebih baik di film ketiga ini, Sam menyelamatkan ayah ibunya kan cukup dramatis juga sebenarnya, dan tidak mengganggu film pertama dan keduanya yang memperlihatkan cinta Mikaela dan Sam yang begitu kuat.

Salah satu kelebihan dari film ini adalah, tidak banyaknya karakter robot yang ditampilkan sehingga tidak terjadi kebingungan layaknya yang terjadi dalam Revenge of the Fallen. Memang Decepticon lebih banyak jumlahnya tapi ragamnya tidak banyak. Dan satu lagi adalah adegan fight antar robotnya yang tidak terlalu cepat (banyak slow motion) sehingga lebih mengesankan buat gua. Bay berarti cukup memperhatikan kritikan-kritikan dari para penonton franchise ini, meskipun memang mungkin masih banyak kekurangan-kekurangannya. Tapi paling tidak, ada yang Bay usahakan untuk lebih baik dari sebelumnya.

Gua uda nonton Skyline dan Battle : Los Angeles. Dan melihat 30 menit terakhir dari film ini , mengingatkan gua akan kedua film itu. Di luar fight robotnya dan robohnya gedung pencakar langit, atmosfer film harusnya lebih ditingkatkan sehingga penonton bisa ikut merasakan, bukannya hanya menunggu kapan robot-robot itu akan berantem lagi. Karena sebenarnya gua suka dengan adegan-adegan yang menjurus ke apocalypse dan ketika gua menonton ini, hanya merasakan awalnya saja, selanjutnya tidak terasa lagi.

Gua tidak pernah nyangka bahwa Bay akan membuat sebuah trilogy. Dulu ketika dia membuat Bad Boys 2, well mungkin hanya ini satu-satunya sekuel yang akan dia buat. Saat dia menggarap Transformers 2, well just another sekuel, there won’t be a third one. Ternyata Bay “berhasil” dibuat (bukan membuat ya) untuk membikin sebuah trilogi. (berkat Spielberg nih hehehe). Sangat-sangat berharap bahwa tidak akan ada jilid berikutnya (tapi sudah terdengar kabar bakal ada kelanjutannya). Dan katanya kalo ga Spielberg yah Bay lagi yang duduk di kursi sutradaranya. Tapi jujur, gua sedikit jenuh dengan penggarapan Transformers di tangan Bay. Secara pribadi, lebih baik diakhir saja sampai jilid 3. Tapi apa mau dikata jika dilihat dari pendapatan film ini sekarang 1,122 milyar dolar di seluruh dunia dan menduduki posisi 4 terlaris di seluruh jagat (kalo di Cybertron, film ini laris ga ya?). Mungkin yang ikut mengkatrol naik pemasukannya adalah faktor film ini yang ada versi 3Dnya.

Namun jika dilihat cast untuk jilid ketiga ini, banyak nama-nama besar yang ikut meramaikan, suasana yang sudah ramai ini. Seperti ada Francis McDormand, John Malkovich dan Patrick Dempsey. Yang menurut gua penampilan-penampilan mereka tidak bisa menyelamatkan film ini.

Terus terang menonton film ini, gua ga ngerti gua mau dibawa kemana, karena menurut indra lima setengah gua, Bay pun bingung di tengah-tengah film, mau dibawa ke arah mana (mungkin karena durasinya cukup panjang). Well, jika diharuskan memilih, gua lebih baik menonton 30 menit bagian akhir saja.

2 comments:

sakur said...

film ini memang Wow
Mantaps gan
kunjungan balik ya gan
sakur-free-view.blogspot.com/

Bang Mupi said...

thanks uda komen. Ane akan berkunjung balik. :)