Sunday, April 11, 2010

STATE OF PLAY (2009)

Genre : Drama – thriller
Directed by : Kevin MacDonald
Produced by : Andrew Hauptman, Tim Bevan, Eric Feliner
Starring : Russell Crowe, Ben Affleck, Rachel McAdams, Helen Mirren, Robin Wright Penn, Jason Bateman, Jeff Daniels
Written by : Matthew Michael Carnahan, Tony Gilroy, Billy Ray
Music by : Alex Heffes
Cinematography : Rodrigo Prieto
Edited by : Justine Wright
Running time : 128 minutes
Budget : US$ 60 millions
Distributed by : UNIVERSAL PICTURES


Ide cerita yang jarang diproduksi oleh Hollywood adalah yang bercerita tentang wartawan. Sedikit sekali film yang saya tonton tentang wartawan atau jurnalis. Entah Up Close and Personal-nya Michelle Pfeiffer termasuk atau tidak. Yang pasti dulu ada film Hongkong yang berjudul News Attack yang diperani oleh Andy Lau. Ini jelas film tentang wartawan.

State of Play (SOP) adalah film yang digabung dengan thriller politik. Jelas cerita tentang jurnalis harus punya masalah yang sepadan biar lebih seru. Dan disini memang ada situasi yang melibatkan seorang anggota konggres. Film yang santai di bagian awal namun semakin enak untuk dinikmati sampai mendekati akhir ditambah ending yang sedikit tidak terduga. Jangan berharap adegan aksi di film ini. Meskipun ada Russell Crowe ataupun Ben Affleck tapi ini bukan film action. Alur cerita yang membuat jantung kita berpacu apalagi sepertiga akhir film. Dimana ternyata semua masalah bersatu padu membuat kebingungan kita semakin jelas.

Film yang diambil dari serial televisi dengan judul yang sama yang dirilis oleh BBC tahun 2003. Mirip seperti Edge of Darkness-nya Mel Gibson (sama-sama berdasarkan serial televisi). Tapi bila ingin dibandingkan, saya lebih memihak SOP. Nuansa konspirasinya lebih terasa. Seakan-akan kita dibawa kesana kemari namun demikian ujung dari pangkal permasalahannya jelas bahkan mungkin tertipu beberapa kali. Ketika kita merasa masalah sesungguhnya sudah terungkap, ternyata masih ada lagi. Sungguh skrip yang cerdas. Sedangkan Edge of Darkness agak nanggung menurut saya.

Russell Crowe bermain santai disini seperti ketika dia bermain dalam Body of Lies meskipun saya lebih suka performance dia di sini dengan rambut gondrongnya dan badannya yang gemuk (ini untuk keperluan film atau memang perawakan Crowe seperti itu sekarang). Terdengar kabar bahwa sebenarnya peran ini untuk Brad Pitt. But Crowe bagus sekali memerankan sang wartawan, Cal McAffrey. Saya baru memperhatikan bahwa Crowe mempunyai style menundukkan kepala dan memainkan alis matanya yang khas.

Tapi yang menarik perhatian saya adalah penampilan Ben Affleck sebagai sang senator Stephen Collins (tadinya akan diberikan kepada Edward Norton). Ini sih penilaian yang sangat subjektif sekali. Wajahnya terlihat tua dan hilang ketampanannya. Tidak terlihat sama sekali bahwa dia pernah bermain dalam film besar seperti Armageddon, Pearl Harbor dan The Sum of all Fears. Teringat waktu itu setelah bermain dengan sahabatnya, Matt Damon dalam Good Will Hunting. Affleck melaju kencang dibandingkan Damon. Tapi kini posisinya terbalik. Sayang sekali. Yang kedua adalah Jeff Daniels yang bermain sebagai senator Purgess. Bintangnya terang setelah bermain sebagai partner Keanu Reeves dalam Speed. Bermain banyak film seperti 101 Dalmations juga Dumb and Dumber bareng Jim Carrey. Kini dia hanya tampil sekilas dalam film-filmnya.



Bermain sebagai partner Crowe adalah Rachel McAdams. Dengan rambut pendeknya, bisa dibilang Rachel tampil praktis dan pas di film ini. Helen Mirren bermain tegas sebagai atasan Crowe. Robin Wright Penn seakan-akan bermain sebagai bayangan yang muncul setiap saat dibutuhkan oleh cerita. Seperti mengulang Unbreakable dan Forrest Gump.


Satu lagi tokoh kunci di film ini, yang menurut saya, sangat baik dimainkan oleh Jason Bateman. Pertama kali melihat Bateman di serial komedi The Hogan’s family. Kini dia mulai terkenal di layar lebar setelah era The Kingdom ditambah Hancock.



Mengenai sang sutradara, Kevin MacDonald, saya tidak bisa berbicara banyak. Saya belum nonton The Last King of Scotland. Di film ini, Kevin bisa meramu adegan demi adegan menuju suatu tujuan yang jelas. Itu yang saya suka. Dan saya sangat menyukai SOP, film dengan jalinan cerita yang twisted ditambah permaianan santai para aktor dan aktrisnya membuat film ini enak untuk ditonton. So menurut gua film ini recommended untuk ditonton.

8 comments:

kreshnahary said...

stuja bgt!! film ini tensinya tinggi, byk twist (terutama endingnya) tp para artisnya mainnya santai bgt... jdnya enak buat di tonton.
keren tulisannya bang, banyak tambahan infonya jg.
the last king of scotland film bagus, james mcavoy angkat nama disini, forest whitaker dpt oscar di sini

salam kenal, kreshna

kreshnahary said...

sory ketinggalan, "at the movies" jg sempet ngebahas state of play. tp sy lupa kapan tepatnya

ekajazzlover said...

emang sih tema jurnalistik atau profesi jurnalis jarang diangkat, tp selain film ini ada beberapa yang bagus lo. rata2 dari kisah nyata kayak shattered glass dan veronica guerin dua2nya bagus dan saya rekomendasikan untuk nonton. ada juga kayak the hunting party, beyond a reasonable doubt, ressurecting the champ sama frost/nixon (yang terakhir belum nonton).

buat saya selain russel crowe, rachel mcadams mencuri perhatian sekali. dia cantik dan punya pesona lebih ketimbang di sherlock holmes

Bang Mupi said...

@kreshna : iya nih belon nonton Last King of Scotland, banyak film yang belum sempat ditonton

@Eka : Rachel memang lebih bagus disini dibandingkan dengan di Sherlock.

Fariz Razi said...

iya film ini lumayan seru! twistnya muter2, tapi dari awal saya udah agak curiga sih sama endingnya hehehe entah kenapa kalo menurut saya yg mencuri perhatian si hellen mirren

Bang Mupi said...

@Fariz : lumayan twisted sih. Helen Mirren lumayanlah di film ini.

Movietard said...

commentnya bagus2 ya, belum sempet nonton, nanti kucari deh
abisnya sejak tahu Norton ninggalin project ini jadi agak males.hehehe

Bang Mupi said...

@Movietard : bukan berarti kalo ga ada Norton filmnya jadi jelek kan hehe...Film ini kurang promosi tampaknya. Kemaren gua liat ada DVD State of Play the series kayaknya. yang maen McAvoy (CMIIW)