Friday, September 12, 2014

ANDY LAU PART ONE



Saya akan mencoba membahas, hmm…mungkin bernostalgia deh tepatnya.  Bernostalgia dengan salah satu bintang film favorit saya.  Mungkin bagi penggemar film Mandarin (Hongkong) tentu sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini, Andy Lau.  Mungkin bagi penggemar jaman dulu, lebih dikenal dengan nama Liu Te Hua.  Kenapa dari Liu bisa jadi Lau, ini dikarenakan beda dialek aja.  Liu te Hua itu bahasa Mandarin sedangkan Lau Tak Wah itu Kanton. Sedangkan Andy Lau sendiri terlahir denga nama Lau Fook Wing. Mungkin biasanya kata yang digunakan adalah gua, sekarang sedikit lebih formal, saya.  Harap maklum, mau go internasional sih hehehe.

Andy lahir tanggal 27 September 1961 di Tai Po, Hongkong.  Saya mengenal sosok Andy Lau pertama kali di jaman video masih menjamur di Indonesia.  Lewat serial yang bisa dibilang mempopulerkan nama Liu Te Hua, yaitu Return of Condor Heroes, perannya disini sebagai Yo Ko.  Judul Mandarinnya kurang lebih Sin Tiau Hiap Lu (maklum saya ga bisa bahasa Mandarin).  Dari serial ini kemudian saya cari-cari serial silat lain yang diperani oleh Andy Lau.  Tapi terus terang belum  ada yang bisa menyamai ketenaran perannya sebagai Yo Ko, apalagi di Indonesia.  Hal ini terutama ketika di tahun 90an, Indosiar menyiarkan serial ini dan mendapat sambutan yang hangat.  Bahkan bisa mendatangkan Andy Lau sebagai bintang tamu di studio Indosiar.  Beberapa serial yang dibintangi oleh Andy Lau antara lain The Duke of Mount Deer (1984), bermain bersama sahabatnya Tony Leung. Kemudian serial Yang’s Saga dengan deretan pemain yang namanya sekarang sudah banyak dikenal orang seperti Tony Leung lagi, Chou Yun Fat, Maggie Cheung.  Menjadi salah satu bintang kesayangan TVB Hongkong, Andy Lau dikenal sebagai 5 Macan TVB bersama Tony Leung (Liang Chiao Wei), Felix Wong (Wong Yat Wa), Miu Kiu Wai (Miao Chiao Wei) dan Kent Tong.

Lahir di keluarga yang kurang mampu, Andy Lau kadang harus ngangkut air dengan jarak beberapa kilometer.   Pada tahun 1981, Andy Lau mengikuti program pelatihan yang diadakan oleh TVB, dan akhirnya bermain dalam beberapa serial silat tapi dalam porsi kecil (bukan pemeran utama).  Dalam 2 tahun, Andy Lau meraih ketenaran di dunia televisi namun sempat tenggelam di kira-kira tahun 1986 karena berselisih dengan pihak TVB.

Saya akan coba bercerita sedikit tentang film-film serialnya Andy Lau dan beberapa fotonya.  Bisa dibilang, karir di televisi yang membantu pamor aktor bergolongan darah AB ini naik di Hongkong.  Saya akan coba membahas beberapa serial televisi yang dibintangi oleh Andy Lau.

THE LEGEND OF MASTER SO (1982)


Yup, jauh sebelum Gangland War (Rich and Famous) dan God of Gambler.  Andy Lau sudah bermain bersama Chou Yun Fat di sebuah serial kungfu.  Disini Andy Lau bukan pemeran utamanya, melainkan Chou Yun Fat.  Tapi cukup asik melihat wajah Andy Lau yang masih imut kayak gua. Kalo gua ga salah, tokoh utama disini itu harusnya sama dengan yang dimainkan oleh Vincent Zhao di True Legend, hanya entah kenapa ceritanya begitu berbeda. Entah mana yang benar, tapi menurut gua karena serial lebih panjang durasinya, jelas yang serial cenderung lebih benar ceritanya.

THE RETURN OF CONDOR HEROES (1983)



Sekali lagi, serial ini yang bisa dibilang membuat nama Andy Lau naik daun.  Film yang berdasarkan cerita rekaan Chin Yung atau Louis Cha ini memang sudah melegenda.  Sambungan dari kisah Kwee Ceng (Condor Heroes) yang sama-sama sudah terkenal dan sudah dibuat berbagai versi.  Serial ini pun ikut mempopulerkan nama Idy Chan (Chen Ie Lien), namun nasibnya tidak sama dengan Andy Lau yang kemudian malah lebih terkenal lagi di dunia layar lebar.  Kent Thong pun yang termasuk lima macan TVB ikut bermain sebagai salah satu antagonis di serial ini.


THE DUKE OF MOUNT DEER (1984)



Bisa dibilang serial ini, peran utama sebenarnya adalah Tony Leung.  Mungkin agak sedikit aneh melihat akting Tony yang biasanya bermain serius, disini dia bermain konyol.  Malahan Andy Lau yang memainkan seorang karakter yang serius. Ceritanya juga berdasarkan karangan Chin Yung juga.  Dan lagi-lagi Johnnie To ikut menyutradarai serial ini.

THE OTHER SIDE OF THE HORIZON (1984)



Disini Andy Lau bermain bersama ratunya serial silat jaman dulu, Angel Chiu.  Untuk serial silat, film ini termasuk tidak terlalu banyak episodenya (kira-kira 12 episode).  Inti ceritanya tentang dua saudara seperguruan dari Butong yang akhirnya berseteru.

 THE YANG’S SAGA (1985)



Kalo dilihat dari gambar yang saya posting, itu dari kiri Felix Wong, Carina Lau, Andy Lau, Tony Leung dan Miu Kiu Wai.  Sebenarnya ada satu lagi anggota 5 macan TVB, Kent Tong yang ikut bermain tapi tidak ada fotonya di foto yang saya upload.  Apakah ini cerita yang sama dengan film Mandarin yang dibintangi oleh Ekin Cheng baru-baru ini Saving General Yang?  Saya juga ga tau karena kebetulan serial ini saya belum nonton hehehe. Sekedar info ternyata salah satu director dari serial ini adalah Johnnie To.

Karena terlalu panjangnya karir Andy Lau yang bisa dibilang sampe sekarang pun masih bertahan, mungkin nostalgia ini akan saya bagi 3.  Yang pertama jamannya dia di layar kaca, lalu ketika dia mulai naik daun di layar lebar sampe akhirnya chapter terakhir, ketika perfilman Hongkong lesu disaat kembalinya Hongkong di tahun 1997 ke tangan pemerintah China.