Saturday, June 12, 2010

(500) DAYS OF SUMMER (2009)

Genre : Drama - Romantis
Directed by : Marc Webb
Produced by : Mason Novick, Jessica Tuchinsky, Mark Waters, Steven J. Wolfe
Starring : Joseph Gordon-Levitt, Zooey Deschanel
Written by : Scott Neustadter, Michael H. Weber
Music by : Mychael Danna, Rob Simonsen
Cinematography : Eric Steelberg
Edited by : Alan Edward Bell
Running time : 95 minutes
Budget : US$ 7,5 millions
Distributed by : FOX SEARCHLIGHT PICTURES

Banyak film drama yang sudah gua tonton. Ketika berpikir bahwa tidak akan ada lagi film drama yang bagus, bahkan ketika melihat trend yang lagi berkembang di Hollywood tentang remake, reboot dan lain-lain, menambah kepesimisan gua tentang film-film bagus. Tapi ternyata salah, akan selalu ada film-film bagus yang tetap dibuat. Mungkin konsep cerita yang sederhana dengan penuturan yang berbeda pun bisa membuat sebuah film menjadi sangat menarik. Salah satu contohnya film ini. Menurut gua ide cerita di film ini sudah biasa terjadi. Boy meets girl. Sudah banyak sekali terjadi di perfilman.

Hanya kini dikemas dengan bungkus yang berbeda dan unik. Film diawali dengan layar dibagi dua menceritakan kisah masa kecil antara pria dan wanita. Unik. Sejujurnya inilah yang selalu ada dalam bayangan gua, ketika kita bertemu dengan pasangan jiwa kita, pernahkah terlintas dalam benak kita, anggap saja kehidupan kita bak layar bioskop. Dulunya terbagi dua antara kehidupan kita dengan kehidupan pasangan kita. Atau mungkin dua layar itu pernah bersatu di suatu tempat namun kita tidak menyadarinya. Dan layar menjadi satu secara utuh saat kita menemukan belahan jiwa kita. Dilihat dari judulnya, harusnya ada 500 hari yang akan dilalui oleh Summer (atau summer disini mungkin hanya berarti musim panas). Lalu muncul angka yang menyebutkan peristiwa hari ke berapa. Unik lagi. Bahkan yang hebatnya angka-angka itu loncat maju mundur, tidak berurutan. Yang membuat penonton (gua) semakin penasaran dengan apa yang terjadi. Untungnya tidak terjadi kebingungan buat gua dengan kronologis kisah cinta mereka.
Zooey Deschanel bermain pas sekali sebagai Summer. Mata beserta gerak geriknya. Jelas Tom jatuh cinta padanya. Menggemaskan sekaligus menggeramkan dan satu lagi, Summer tidak percaya cinta. Anda akan tergila-gila dengan Summer layaknya seperti Tom.
Sedangkan Joseph Gordon-Levitt yang bermain sebagai Tom adalah seorang pria yang jatuh cinta dengan Summer saat pertama kali berjumpa. He is the right guy for this role. Lewat pandangan matanya pun, kita tahu dia tergila-gila dengan Summer. Dia rapuh pun terlihat dari bahasa tubuhnya. Mungkin judulnya ada kata Summer tapi sebenarnya film ini tentang Tom.


Iringan musik yang hampir selalu menghiasi setiap scene menambah indahnya film ini. Sebenarnya bukan indah sih, romantis pun tidak. Tapi entah kenapa menonton film ini memberikan perasaan aneh sampai pada taraf gua suka film ini. Kenapa tidak? Film ini memberikan penggarapan yang unik tentang cinta. Berbeda dari film-film drama lainnya. Marc Webb menyajikan sesuatu yang lazim dengan cara yang tidak biasa. Dia sudah berhasil membuat gua terpana sepanjang film. Kisah cinta itu bukan sekedar sesuatu yang indah tapi juga harus berdasarkan kenyataan yang ada. Kisah manis dan pahit pun sudah menjadi bumbunya. Yang terjadi pada gua adalah tambah semakin gua masuk ke dalam film sampai akhirnya gua memuji film ini dan memasukkan ke daftar film favorit gua. Betapa indahnya mencoba cara baru untuk menceritakan sebuah kisah klasik dalam perfilman (baca : kisah cinta). Dan sekali lagi, film ini tidak terlihat indah di layar tapi terlihat indah dalam pikiran dan hati gua.

Narasi yang dibacakan oleh Richard McGonagle sangat menarik, perhatikan kata per kata yang cerdas ditambah visualisasi yang unik apalagi waktu pengenalan dengan karakter Summer yang sedang naik sepeda. Brilian. Anda akan menemui banyak sisipan klip-klip yang menarik sehingga menambah nilai film. Gua yakin anda akan terkesima dengan adegan layar dibagi dua antara adegan kenyataan dengan expectation. Keren.

Film ini mendapatkan nominasi Golden Globe untuk best picture dan best actor for Levitt. Sayang ga menang. Premier film ini diadakan di Sundance Film Festival 2009.
So teman-teman, gua merekomendasikan sekali film ini. Ditengah-tengah film-film Hollywood yang sejauh ini sering mengecewakan, gua menganjurkan film ini untuk ditonton. Highly recommended. Hanya agak berkonsentrasilah mengenai urutan hari-hari kisah mereka, karena ini sangat penting. Jika tidak, kita akan merasa bingung dengan jalan ceritanya.

Di awal film dikatakan bahwa this is not a love story. (yeah…right)

9 comments:

Anonymous said...

Top markotop, bro ! semuanya setuju.

gw udah nonton film ini 3x sejak beli 3 hr yl. berturut-turut shari skali. sy org nya mudah addicted u/ nonton terus terusan sebuah film yg berkesan ;)

Rom-com yg memorable. dulu yg memorable buat ku adalah : When Harry met Sally.

Lagu2 di film ini adalah lagu2 Indie. referensi film lain dgn heavy soundtrack tema lagu2 Indie adalah : Juno, Up in the Air

Rdw/ChienMing

Film Ajah said...

Keduax
ane belum nonton pelem ini bang :(

Razeed said...

Ni film ngebawa saya kedalamnya
jadi harap2 cemas gitu nungguin nasib hubungan tom & summer sepanjang film
:D

JONNY'S MOVEE (Movie Review) said...

I enjoyed thiz movie very much. Nice review, bang ^_^

Bang Mupi said...

@Chien Ming : memang keren nih film

@Film Ajah : harus tonton bro

@Razeed : setuju :D

@Jonny : thanks bro :D

Anonymous said...

bro. tadi sore tiba2 di TV terdenger salah satu soundtrack dari film ini, yg lagu "Disposition" . gw pikir iklan u/ jadwal pemutaran film tsb. ternyata Iklan mobil Yaris pake lagu itu :)

Rdw/ChienMing

Bang Mupi said...

betul banget bro, jadi terbayang-bayang adegan-adegan di film ini. :D

semuareview said...

dan gw suka banget endingnya. habis SUMMER ya AUTUMN. haha...
eh omong2 yang nulis skrip patah hati berat beneran gak ya. soalnya menjiwai banget.

Bang Mupi said...

Memang keren bro.

Kayaknya sih penulisnya memang patah hati deh. Kalimat di awal film mungkin ungkapan hati dia. :D